Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMAN I Kandat Kediri

Hakim, Lukmanul (2015) Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMAN I Kandat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117611_PRA BAB.pdf

Download (349kB)
[img] Text
932117611_BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
932117611_BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
932117611_BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932117611_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
932117611_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
932117611_BAB VI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932117611_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional dan spiritual adalah hal yang sangat penting terhadap kepribadian peserta didik dalam mewujudkan kesuksesan, Kecerdasan emosional dan Spiritual merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ secara efektif, dan dua kecerdasan ini adalah kecerdasan tertinggi manusia. Oleh sebab itu, ketiga kecerdasan tersebut harus diseimbangkan dan diselaraskan. Yang menjadi sorotan dalam penelitian adalah strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual. Maka dalam mencapai kecerdasan itu diperlukan adanya strategi dari guru pendidikan agama Islam. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) mengapa kecerdasan emosional dan spiritual perlu dikembangkan oleh guru PAI, 2) bagaimanakah strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik dan 3) apasaja factor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan-alasan perlu dikembangkannya kecerdasan emosional dan spiritual, mengetahui strategi apa yang digunakan dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMAN I Kandat Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, siswa, guru PAI, dan lain-lain. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuannya dengan trianggulasi, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI mengajak dan memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan sesuai dengan keadaan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari strategi guru PAI yang sangat aktif dalam pengembangan dua kecerdasan ini terhadap peserta didiknya, dan dua kecerdasan ini menjadi target pengembangan utama di SMAN I Kandat. Oleh karena itu, disini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan spiritual dapat dikembangkan dengan adanya strategi yang dilakukan oleh para guru, kepala sekolah, dan utamanya guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:22
Last Modified: 08 Aug 2022 07:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item View Item