Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-IPS Di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Tahun 2014/2015

Fitroh, Indi Zainul (2015) Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-IPS Di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117310_PRA BAB.pdf

Download (488kB)
[img] Text
932117310_BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
932117310_BAB II.pdf

Download (570kB)
[img] Text
932117310_BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932117310_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
932117310_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
932117310_BAB VI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932117310_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Motivasi belajar siswa sangat dibutukan dalam menunjang proses pembelajaran dan mempengaruhi hasil dari proses tersebut. Upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah sangat di perlukan karena guru adalah pentransfer ilmu yang seharusnya mengetahui segala permasalahannya atau kendala bagaimana upaya mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Kandat. 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru fiqih dalam meningkatkan motivasi siswa di MAN Kandat. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kandat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan tehnik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pada tahap-tahap penelitian ini: terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu, tahap pra lapangan, tahap analisis, tahap laporan, dan tahap pekerjaan lapangan atau penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kandat kurang baik, hal ini ditandai dengan adanya siswa yang kurang semangat ketika pelajaran seperti bicara sendiri, tidur di dalam kelas dan mengganggu temannya. 2) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kandat yaitu dengan Pemberian nasehat pada setiap jam pelajaran fiqih, Pemberian penugasan pada mata pelajaran fiqih, Pemberian dorongan kepada siswa jika dari siswa kurang semangat dalam pembelajaran. penggunaan media pembelajaran. 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kandat yaitu ketika di kelas banyak yang bicara sendiri/Ngobrol dengan temannya, di kelas mengantuk dan tiduran ketika guru sedang menerangkan materi ketika berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:10
Last Modified: 08 Aug 2022 07:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5444

Actions (login required)

View Item View Item