Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam MembinaProfesionalisme Guru Di MA Mahrusiyah Lirboyo Kediri

Khusnah, Aminatul (2016) Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam MembinaProfesionalisme Guru Di MA Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
bagian awal.docx

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP umik.pdf

Download (29kB)

Abstract

Guru merupakan komponen terpenting dalam suatu pendidikan. Suatu kualitas pendidikan, guru dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan.Pembinaan kualitas dan profesionalitas guru merupakan tanggung jawab kepala sekolah (supervisor) sebagai pemimpin sekolah. Oleh karena itu banyak hal yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dalam membina profesionalisme guru. Berdasarkanpermasalahantersebut, peneliti membuat beberapafokuspenelitianantara lain sebagai berikut :1. Bagaimana proses pembinaanprofesionalisme guru di MA Mahrusiyah Lirboyo yang dilakukanolehkepalasekolah? 2. Bagaimana model pembinaan profesionalisme guru di MA Mahrusiyah Lirboyo yang dilakukan oleh kepala sekolah?.Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui proses pembinaanprofesionalismeguru di MA Mahrusiyah Lirboyo yang dilakukanolehkepalasekolah, 2. Untuk mengetahui model dalam pembinaan profesionalisme guru di MAMahrusiyah Lirboyo yang dilakukan oleh kepala sekolah.Kegunaan Penelitianmeliputi: 1. Kegunaan Teoritis,sebagai sumbangan pemikiran terhadap pengembangan ilmu, khususnya bidang ilmu pengetahuan, 2. kegunaan Praktis, bagi peneliti, dapat digunakan untuk memperkaya khazanah pengetahuan mengenai kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru dalam pelaksanaan pembelajaran, bagi guru, dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran, bagi kepala sekolah, diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Mahrusiyah Lirboyo. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang (subjek) itu sendiri. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penelitian melakukan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkan: 1. Proses pembinaanprofesionalisme guru yang dilakukankepalasekolahyaitumenyusun program kerjadanmenyusuntatatertibbagi guru danpegawai di MA MahrusiyahLirboyo Kediri. 2. Model pembinaanprofesionalisme guru di MA MahrusiyahLirboyo Kediri yaitumembinakecakapan guru, membinakeilmuan guru danmembinakodeetikkerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:00
Last Modified: 02 Aug 2019 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item