Putri, Kharisma Aulia (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Terhadap Guru Di Mtsn 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111018_prabab.pdf Download (521kB) |
|
Text
932111018_bab1.pdf Download (289kB) |
|
Text
932111018_bab2.pdf Download (241kB) |
|
Text
932111018_bab3.pdf Download (24kB) |
|
Text
932111018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
932111018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
932111018_bab6.pdf Download (11kB) |
|
Text
932111018_daftarpustaka.pdf Download (147kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Kharisma Aulia. 2022 Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Adab Siswa Terhadap Guru, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Pembimbing Dr. H. Muniron, M.Ag. dan Nurul Ahsin, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Akhlak Siswa kepada guru Kemajuan teknologi yang ada tidak menjamin akhlak manusianya juga mengalami kemajuan. Dalam agama Islam, urgensi masalah akhlak terlihat dari misi utama Rasulullah SAW dalam menyebarkan Islam adalah sebagai penyempurna akhlak manusia. Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia” (HR. Muslim). Pada lembaga pendidikan, persoalan akhlak terangkum dalam pembelajaran akidah akhlak. Dari latar belakang tersebut disusun fokus penelitian diantaranya: (1) bagaimana proses pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 8 Kediri? (2) apa saja faktor yang menghambat dan mendukung pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak siswa? (3) bagaimana dampak pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa terhadap guru? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tenik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan yang dilakukan di MTsN 8 Kediri dengan sumber data guru akidah akhlak, Waka kurikulum, dan siswa. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing atau verification. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran Akidah Akhlak yang ada di MTsN 8 Kediri berjalan dengan baik secara saintifik dengan metode yang beragam. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 8 Kediri, diantaranya motivasi belajar, pembiasaan disiplin, latar belakang pendidikan serta lingkungan pembentuk akhlak (sekolah, rumah, dan masyarakat). Pembelajaran Akidah Akhlak yang berlangsung mulai dari pembuka, inti hingga penutup yang ditunjang dengan faktor pendukung Pembelajaran berdampak positif pada pembentukan akhlak siswa utamanya terhadap guru. Hal tersebut nampak saat pembelajaran Akidah Akhlak siswa mendengarkan nasehat guru karena beranggapan bahwa beliau adalah oang tua kedua di sekolah. Disaat penyampaian materi siswa yang hendak menyampaikan pendapat ataupun bertanya turut merendahkan suara, dan saat akhir pembelajaran siswa juga mengucapkan terimakasih atas ilmu yang telah diberikan guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Kharisma Aulia Putri |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5408 |
Actions (login required)
View Item |