Strategi Penerapan Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial Di SMK Al Huda Kota Kediri

As'ari, Achmad (2022) Strategi Penerapan Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial Di SMK Al Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932412118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932412118_bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932412118_bab2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932412118_bab3.pdf

Download (598kB)
[img] Text
932412118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
932412118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
932412118_bab6.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932412118_daftarpustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932412118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932412118_suratpernyataan.pdf

Download (124kB)

Abstract

ACHMAD AS’ARI, Dosen Pembimbing I Dr. Mukhammad Abdullah dan Pembimbing II M.Ag Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si, Strategi Penerapan Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial Di SMK Al Huda Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata Kunci : Strategi, Manajemen Pemasaran Pendidikan, Media Sosial Kegiatan pemasaran bagi pelaku bisnis lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting, karena tujuan dari kegiatan pemasaran ini ialah untuk mempertahankan dan menjaga keberlangsungan hidup lembaga tersebut untuk mencapai tujuan. Seiring berjalannya waktu, penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran sangatlah penting, dengan mengetahui hal tersebut maka dapat menentukan formulasi strategi yang efektif dan juga efisien untuk pemasarannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lembaga pendidikan perlu melakukan strategi penerapan manajemen pemasaran pendidikan berbasis media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai bagaimana strategi penerapan manajemen pemasaran pendidikan berbasis media sosial, kendala yang dihadapi dan mengatasi kendala, serta dampaknya di SMK Al Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: Strategi penerapan manajemen pemasaran pendidikan berbasis media sosial di SMK Al Huda Kota Kediri adalah mengadopsi fungsi manajemen dari George R. Terry yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kendala yang dihadapi dan cara mengatasi kendala dalam strategi penerapan manajemen pemasaran pendidikan berbasis media sosial di SMK Al Huda Kota Kediri adalah banyak orang tua yang tidak sepenuhnya memahami dan mengerti tentang penggunaan media sosial serta terdapat adanya keterbatasan dalam bersosialisasi secara langsung karena adanya pandemi. Tindak lanjut terhadap kendala yang dialami yaitu dengan pemilihan dan pemanfaatan media lain sehingga kegiatan pemasaran ini masih dapat menjangkau orang tua yang tidak bisa menggunakan media sosial. Dampak strategi penerapan manajemen pemasaran pendidikan berbasis media sosial di SMK Al Huda Kota Kediri adalah dampak sebelumnya masih dilakukan secara konvensional yaitu seperti pembuatan brosur, spanduk, dan lain-lain, dimana hal itu membutuhkan banyak biaya. Dampak atau hasil sesudah strategi penerapan manajemen pemasaran pendidikan berbasis media sosial adalah kenaikan persentase secara perlahan-lahan, dapat mengurangi biaya pembuatan brosur, spanduk, dan baliho, serta dapat menjangkau lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Achmad As'ari
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:27
Last Modified: 23 Sep 2022 07:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item