Ulum, Moh. Miftahul (2022) Implementasi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran fikih di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138318_prabab.pdf Download (737kB) |
|
Text
932138318_bab1.pdf Download (661kB) |
|
Text
932138318_bab2.pdf Download (507kB) |
|
Text
932138318_bab3.pdf Download (222kB) |
|
Text
932138318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text
932138318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
Text
932138318_bab6.pdf Download (307kB) |
|
Text
932138318_daftarpustaka.pdf Download (421kB) |
Abstract
ABSTRAK MOH. MIFTAHUL ULUM, Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan H. Imam Masrur, M.Th.I: Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 3 Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Mata Pelajaran Fikih. Pembelajaran online yang dilaksanakan selama pandemi Covid-19 secara signifikan telah menimbulkan banyak permasalahan. Pembelajaran online pada kenyataannya hanya fokus pada aspek kognitif, sementara aspek psikomotorik dan afektif kurang begitu mengena. Dalam kasus mata pelajaran Fikih, peserta didik tidak cukup hanya memahami materi dari aspek kognitif, melainkan juga harus memahami dari aspek psikomotorik mengingat materi tersebut berkaitan langsung dengan tata cara beribadah. Melalui uraian tersebut, nampak adanya urgensi untuk mengganti pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka terbatas sebagaimana kebijakan dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta dampak dari pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Fikih di MAN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 3 Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Fikih di MAN 3 Nganjuk dilaksanakan melalui sistem rotasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan terdiri dari tiga tahap pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pembuatan Silabus dan RPP yang telah disesuaikan dengan kondisi pandemi. Sementara tahap pelaksanaan mencakup tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terakhir adalah tahap evaluasi yang terbagi menjadi dua macam, yaitu evaluasi kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar peserta didik. Evaluasi kegiatan pembelajaran menggunakan teknik penilaian observasi, sementara evaluasi hasil belajar menggunakan teknik penilaian tes tulis dan lisan untuk aspek kognitif, teknik penilaian observasi untuk aspek afektif, dan teknik penilaian unjuk kerja/praktik untuk aspek psikomotorik. (2) Dampak positif dari pembelajaran tatap muka terbatas di antaranya memudahkan guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan kemampuan serta hasil belajar peserta didik, dan meningkatkan semangat serta motivasi peserta didik dalam belajar. Sedangkan dampak negatifnya antara lain yakni pelaksanaan pembelajaran kurang efektif karena waktu yang terbatas, terbatasnya aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, dan munculnya kekhawatiran akan menyebarnya Covid-19 di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh Miftahul Ulum |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:59 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 06:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5368 |
Actions (login required)
View Item |