Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Aplikasi Construct Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Kediri

Ahmad, Soni Maulana (2022) Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Aplikasi Construct Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text
932138918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932138918_bab1.pdf

Download (680kB)
[img] Text
932138918_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932138918_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
932138918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932138918_bab5.pdf

Download (520kB)
[img] Text
932138918_daftarpustaka.pdf

Download (642kB)
[img] Text
932138918_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
932138918_lembarpersetujuan.pdf

Download (175kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Construct pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya materi prinsip dan praktik ekonomi Islam adalah sebuah sarana guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Kediri. Produk aplikasi yang berbasis Construct ini adalah aplikasi mobile bernama Muamalahku yang dapat dipasang pada smartphone android siswa. Pengembangan ini menanggapi dari permasalahan dalam pembelajaran yang cenderung monoton dan sulit dipahami. Selain itu, kondisi lingkungan SMAN 3 Kediri yang memperbolehkan siswanya mengoperasikan smartphone dalam mendukung pembelajaran menarik peneliti untuk mengambil peluang dengan mengembangkan aplikasi berbasi mobile smartphone. Dengan pengembangan media pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah dan nyaman dalam mempelajari materi prinsip dan praktik ekonomi Islam.Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran PAI berupa aplikasi berbasis Construct untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Kediri, (2) memaparkan hasil penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Construct dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Kediri. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ialah ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran PAI dengan kriteria yang telah ditetapkan. Subjek uji coba produk ialah siswa-siswi kelas XI MIPA 5 SMAN 3 Kediri dengan jumlah 35 orang. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Construct pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya materi prinsip dan praktik ekonomi Islam berupa aplikasi mobile bernama Muamalahku memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 68%, ahli media mencapai tingkat kevalidan 93%,ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 89% dan oleh pengguna mencapai kevalidan 97%. Hasil penggunaan media pembelajaran Muamalahku pada uji t diperoleh t hitung -9,452, t tabel 2,032 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil hipotesis menunjukkan H1 diterima dikarenakan nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Construct dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Soni Maulana Ahmad
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:23
Last Modified: 10 Aug 2022 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5367

Available Versions of this Item

  • Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Aplikasi Construct Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Kediri. (deposited 10 Aug 2022 02:23) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item