Alfanani, Aldian (2022) Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Kahoot Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas VIII SMP Negeri 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112018_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932112018_bab1.pdf Download (645kB) |
|
Text
932112018_bab2.pdf Download (457kB) |
|
Text
932112018_bab3.pdf Download (393kB) |
|
Text
932112018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932112018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
932112018_bab6.pdf Download (197kB) |
|
Text
932112018_daftarpustaka.pdf Download (9MB) |
|
Text
932112018_suratpernyataan.pdf Download (403kB) |
Abstract
Pesatnya kemajuan perkembangan teknologi informasi mulai masuk pada dunia pendidikan. Seperti yang diketahui banyak media pembelajaran interaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai alat penunjang guru dalam mempermudah menyampaikan materi. Namun guru tidak menyadari bagaimana memanfaatkan media pembelajaran interaktif untuk mempermudah dalam menyampaikan materi. Berdasarkan fenomena tersebut tidak sedikit para peserta didik yang mengalami penurunan hasil belajar pada mata pelajaran PAI. Pemanfaatan media pembelajaran secara tepat sasaran dapat mempermudah pemahaman peserta didik dan menambahkan motivasi dalam keikutsertaan mengikuti pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif, instrumen yang digunakan adalah soal tes dan kuisioner. Populasi para peserta didik kelas VIII SMPN 1 Pare yang berjumlah 239 dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 64. Didapatkan sampel dari hasil pertimbangan tertentu dengan kelas yang dituju adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji statistik dengan analisis kovarian maka didapatkan hasil sebagai berikut Terdapat pengaruh murni dari media aplikasi kahoot terhadap hasil belajar PAI dengan mengontol variabel motivasi belajar dari hasil pada nilai Sig untuk variabel Media adalah 0,030 < 0,05. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari media aplikasi kahoot. Terdapat pengaruh murni Motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan mengontrol media pembelajaran, diketahui nilai sig 0,000 < 0,05. Maka ada pengaruh antara motivasi dan hasil belajar. Terdapat pengaruh bersama antara media aplikasi kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI dari hasil nilai sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aldian Alfanani |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5333 |
Actions (login required)
View Item |