Analisis Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial Di MTsN 3 Nganjuk

Rochmah, Kiftiyatul (2022) Analisis Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial Di MTsN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932400118_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932400118_Bab1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932400118_Bab2.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932400118_Bab3.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932400118_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
932400118_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
932400118_Bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932400118_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran pendidikan sangatlah diperlukan karena banyaknya sekolahan-sekolahan baru yang bermunculan sehingga membutuhkan strategi pemasaran pendidikan yang tepat. Sehingga fenomena tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat penelitian yang membahas tentang Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di MTsN 3 Nganjuk. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat megetahui 1) strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di MTsN 3 Nganjuk. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan strategi pemasaran pendidikan menggunakan media sosial di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, hasil dari penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif dimana data diperoleh secara itensif dan terperinci. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Waka Humas, Admin Media Sosial, Siswa, dan Masyarakat (Wali Murid) yang berkaitan dengan pemasaran. Analisis data diperoleh dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Pemasaran Pendidikan melalui Media sosial di MTsN 3 Nganjuk dibagi menjadi tiga tahapan sebagai berikut; a) Pengarahan dalam Pelaksanaan kegiatan Pemasaran Madrasah, b) Pelaksanaan kegiatan Pemasaran Madrasah, dan c) Pelaksanaan Koordinasi dalam kegiatan Pemasaran Madrasah. Pelaksanaan Humas dalam kegiatan Pemasaran (Publikasi) di MTsN 3 Nganjuk melalui Media Sosial menggunakan Marketing Mix (7P), diantara lain sebagai berikut; (a) Produk (Product), (b) Harga (Price), (c) Promosi (Promotion), (d) Lokasi (Place), (e) SDM (People), (f) Proses (Process), (g) Bukti Fisik (Pysical Evidence). 2) Sedangkan Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan strategi pemasaran pendidikan menggunakan media sosial yaitu; a) Faktor Pendukung; (1) Faktor Internal : Profesionalisme petugas, fasilitas memadai. (2) Faktor Eksternal : Perkembangan Zaman. b) Faktor Penghambat; (1) faktor Internal : Miskomunikasi. (2) Faktor Eksternal : Masih banyak masyarakat yang kurang faham dengan internat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kiftiyatul Rochmah
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:16
Last Modified: 01 Aug 2022 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item