Rochmah, Kiftiyatul (2022) Analisis Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial Di MTsN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932400118_PraBab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932400118_Bab1.pdf Download (148kB) |
|
Text
932400118_Bab2.pdf Download (197kB) |
|
Text
932400118_Bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932400118_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
|
Text
932400118_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
932400118_Bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
932400118_Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Strategi pemasaran pendidikan sangatlah diperlukan karena banyaknya sekolahan-sekolahan baru yang bermunculan sehingga membutuhkan strategi pemasaran pendidikan yang tepat. Sehingga fenomena tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat penelitian yang membahas tentang Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di MTsN 3 Nganjuk. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat megetahui 1) strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di MTsN 3 Nganjuk. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan strategi pemasaran pendidikan menggunakan media sosial di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, hasil dari penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif dimana data diperoleh secara itensif dan terperinci. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Waka Humas, Admin Media Sosial, Siswa, dan Masyarakat (Wali Murid) yang berkaitan dengan pemasaran. Analisis data diperoleh dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Pemasaran Pendidikan melalui Media sosial di MTsN 3 Nganjuk dibagi menjadi tiga tahapan sebagai berikut; a) Pengarahan dalam Pelaksanaan kegiatan Pemasaran Madrasah, b) Pelaksanaan kegiatan Pemasaran Madrasah, dan c) Pelaksanaan Koordinasi dalam kegiatan Pemasaran Madrasah. Pelaksanaan Humas dalam kegiatan Pemasaran (Publikasi) di MTsN 3 Nganjuk melalui Media Sosial menggunakan Marketing Mix (7P), diantara lain sebagai berikut; (a) Produk (Product), (b) Harga (Price), (c) Promosi (Promotion), (d) Lokasi (Place), (e) SDM (People), (f) Proses (Process), (g) Bukti Fisik (Pysical Evidence). 2) Sedangkan Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan strategi pemasaran pendidikan menggunakan media sosial yaitu; a) Faktor Pendukung; (1) Faktor Internal : Profesionalisme petugas, fasilitas memadai. (2) Faktor Eksternal : Perkembangan Zaman. b) Faktor Penghambat; (1) faktor Internal : Miskomunikasi. (2) Faktor Eksternal : Masih banyak masyarakat yang kurang faham dengan internat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kiftiyatul Rochmah |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:16 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5324 |
Actions (login required)
View Item |