Santoso, Puput Arieyantie (2022) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Jumlah Pendaftar Pada PPDB SMP Muhammadiyah 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932402518_prabab.pdf Download (793kB) |
|
Text
932402518_bab1.pdf Download (455kB) |
|
Text
932402518_bab2.pdf Download (397kB) |
|
Text
932402518_bab3.pdf Download (246kB) |
|
Text
932402518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text
932402518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text
932402518_bab6.pdf Download (106kB) |
|
Text
932402518_daftarpustaka.pdf Download (952kB) |
|
Text
932402518_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
|
Text
932402518_suratpernyataan.pdf Download (126kB) |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan proses menciptakan, menawarkan apa yang pelanggan butuhkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain, tujuan adanya pemasaran terutama pada jasa pendidikan yaitu untuk memahami pelanggan jasa pendidikan dengan baik serta memastikan produk yang ditawarkan cocok pada pelanggan jasa pendidikan tersebut atau tidak. Sehingga mendorong peneliti untuk mengangkat penelitian yang membahas tentang Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Jumlah Pendaftar Pada PPDB SMP Muhammadiyah 1 Pare. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat mengetahui 1) Segmentasi pasar SMP Muhammadiyah 1 Pare dalam meningkatkan jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru 2) Penentuan target pasar SMP Muhammadiyah 1 Pare dalam meningkatkan jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru 3) Penentuan posisi produk pasar SMP Muhammadiyah 1 Pare dalam meningkatkan jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala Sekolah, Ketua Panitia PPDB, Siswa, dan Wali Murid. Analisis data yang diperoleh yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Segmentasi pasar (Segmenting) SMP Muhammadiyah 1 Pare dalam meningkatkan jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru langkah yang diambil untuk pertama kali yaitu melakukan segmentasi pasar dengan menggunakan tiga kelompok segmen yaitu geografis, demografis, dan behavioral dengan melakukan pengamatan sebelum masuk daerah yang ditargetkan dan lebih fokus pada segmentasi yang diluar titik zonasi sekolah lain, 2) Penentuan target pasar (Targetting) SMP Muhammadiyah 1 Pare dalam meningkatkan jumlah pendaftar penerimaan peserta didik lebih fokus pada santri-santri pondok serta daerah yang ada diluar pare, 3) Penentuan Posisi Produk Pasar (Positioning) SMP Muhammadiyah 1 Pare dalam meningkatkan jumlah pendaftar penerimaan peserta didik baru yaitu dengan menawarkan keunggulan sekolah melalui pemasangan banner, menyediakan brosur dan menawarkan produk melalui website, sosmed, dibantu oleh para guru, alumni, dan wali murid.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Puput Arieyantie Santoso |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 06:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 06:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5319 |
Actions (login required)
View Item |