Fatimah, Devi (2022) Pengaruh Fasilitas Belajar Fikih Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Santri Di Pondok Diponegoro Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118118_prabab.pdf Download (667kB) |
|
Text
932118118_bab1.pdf Download (445kB) |
|
Text
932118118_bab2.pdf Download (450kB) |
|
Text
932118118_bab3.pdf Download (513kB) |
|
Text
932118118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Text
932118118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
932118118_bab6.pdf Download (296kB) |
|
Text
932118118_daftarpustaka.pdf Download (414kB) |
|
Text
932118118_suratpernyataan.pdf Download (387kB) |
Abstract
Fasilitas belajar merupakan sarana prasarana yang digunakan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran dan kedisiplinan merupakan karakter yang terbentuk setelah melaksanakan peraturan faktor pendorong prestasi belajar agar menajdi lebih baik. Untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik dibutuhkan fasilitas belajar fikih dan kedisiplinan yang tinggi. Namun ditemukan bahwa terdapat lembaga dengan fasilitas belajar yang tergolong sedang mampu meraih prestasi belajar yang tinggi serta kedisiplinan yang tidak disampaikan secara tersurat dapat diperoleh nilai disiplin berpengaruh terhadap prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar fikih dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar santri di pondok diponegoro desa gunungan kecamatan kartoharjo kabupaten magetan karena itu maka ada beberapa pertanyaan penelitian 1) Pengaruh fasilitas belajar fikih terhadap prestasi belajar santri pondok diponegoro Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, 2) Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar santri pondok diponegoro Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Mageran, 3) Pengaruh fasilitas belajar fikih dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar santri pondok diponegoro Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri pondok diponegoro dengan sampel 40 santri yang seluruhnya adalah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel populasi pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, wawancara, serta dokumantasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar fikih terhadap prestasi belajar dengan kategori sedang dibuktikan dengan nilai rata – rata 41,15dan koefisien determinasi sebesar 0,129 hal ini berarti 12,9% ditentukan oleh fasilitas belajar fikih. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar dengan kategori sedangdengan nilai rata – rata sebesar 45,43dan koefisien determinasi sebesar 0,140 hal ini berarti 14% ditentukan oleh kedisiplinan santri. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar fikih dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar dengan kategori tinggi dibuktikan dengan nilai rata – rata sebesar 84,28dan koefisien determinasi sebesar 0,236 hal ini berarti 23,6%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Devi Fatimah |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:24 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5309 |
Actions (login required)
View Item |