Latifah, Umi (2022) Strategi Marketing Mix Pendidikan Dalam Peningkatan Minat Masyarakat Di MTsN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932402318_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932402318_bab1.pdf Download (596kB) |
|
Text
932402318_bab2.pdf Download (566kB) |
|
Text
932402318_bab3.pdf Download (186kB) |
|
Text
932402318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932402318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
932402318_bab6.pdf Download (154kB) |
|
Text
932402318_daftarpustaka.pdf Download (381kB) |
Abstract
Dinamika persaingan dari segala sektor dirasakan oleh lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa. Jika jasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan atau bahkan tidak dikenal, maka yang terjadi adalah sekolah yang bersangkutan akan dilupakan. Dalam hal ini, pemasaran jasa pendidikan menjadi hal yang mutlak harus dijalankan oleh lembaga. Urgensi aktivitas pemasaran jasa terlihat karena keberadaan pengguna jasa sebagai urat nadi bagi keberlangsungan pendidikan. Sehingga sekolah dituntut untuk menggunakan strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran lembaga yang berguna untuk meningkatkan jumlah siswa yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi marketing mix pendidikan dalam peningkatan minat masyarakat di MTsN 3 Kediri. Dan 2) Respon masyarakat terkait strategi marketing mix pendidikan di MTsN 3 Kediri. Design penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Adapun sumber data yang dipilih yaitu waka humas, waka kesiswaan, waka sarpras, waka kurikulum, staff TU, KTU, 2 siswa dan 2 masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi marketing mix pendidikan dalam peningkatan minat masyarakat di MTsN 3 Kediri dilakukan melalui 7 hal yaitu: strategi product, promotion, people, physical evidence, process, place, dan price. 2) Respon masyarakat terkait strategi marketing mix pendidikan di MTsN 3 Kediri, yaitu: a) Masyarakat cenderung memiliki prefensi (selera) utama pada MTsN 3 Kediri; b) Masyarakat cenderung selalu mencari informasi tentang jasa pendidikan di MTsN 3 Kediri; c) Kecenderungan masyarakat melakukan pembelian terhadap jasa pendidikan di MTsN 3 Kediri; d) Masyarakat cenderung mereferensikan jasa pendidikan di MTsN 3 Kediri kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Umi Latifah |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 01:43 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 01:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5308 |
Actions (login required)
View Item |