Efektivitas Metode Crossword Puzzle Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MtsN 3 Kota Kediri

Musyafak, Muhammad Fathoni (2022) Efektivitas Metode Crossword Puzzle Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MtsN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932118218_bab1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
932118218_bab2.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932118218_bab3.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932118218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
932118218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
932118218_bab6.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932118218_daftarpustaka.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keunikan dalam implementasi metode pembelajaran Crossword puzzle, yang sebelum pandemi dilaksanakan secara langsung dengan menggunakan media kertas yang berisikan Crossword, akan tetapi guru Akidah Akhlak di MtsN 3 Kota Kediri melakukan inovasi dengan menerapkan secara Online pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII. Metode Crossword puzzle online adalah sebuah metode pembelajaran aktif menggunakan media clue teka teki silang yang harus dijawab siswa sesuai jumlah kotak-kotak yang tersedia dan dilaksanakan secara tidak langsung (daring) menggunakan website untuk membantu pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tahapan implementasi metode pembelajaran Crossword Puzzle Online mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MtsN 3 Kota Kediri 2) kendala Implementasi metode pembelajaran crossword puzzle online dalam pembelajaran daring mata pelajaran akidah kelas VIII di MtsN 3 Kota Kediri 3) efektivitas metode crossword puzzle online dalam meningkatkan hasil belajar selama pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di Mtsn 3 kota kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru yang menerapkan metode, dan siswa sebagai subjek sasaran metode, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan 1) tahapan implementasi metode pembelajaran Crossword puzzle online mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi 2) Kendala dalam penerapan metode Crossword puzzle online antara lain jaringan yang kurang stabil; kurangnya pengawasan dari orang tua sehingga siswa banyak yang tidak tepat waktu dalam mengikuti pembelajara; internal siswa sendiri kurang siap dalam menerima materi dan dalam mengerjakan apa yang diperintahkan 3) metode crossword puzzle online efektif meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MtsN 3 Kota kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fathoni Musyafak
Date Deposited: 11 Apr 2025 06:16
Last Modified: 11 Apr 2025 06:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item