Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Masyarakat Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Mojokerto

Rachmawati, Ainnun (2022) Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Masyarakat Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932403718_prabab.pdf

Download (806kB)
[img] Text
932403718_bab1.pdf

Download (627kB)
[img] Text
932403718_bab2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
932403718_bab3.pdf

Download (531kB)
[img] Text
932403718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
932403718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
932403718_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932403718_daftarpustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932403718_surat pernyataan.pdf

Download (385kB)

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan suatu kegiatan menganalisis merencanakan mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi, agar tercapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien terutama pada pendidikan, dengan adanya manajemen pemasaran pada pendidikan nantinya akan meningkatkan penerimaan peserta didik meyakinkan masyarakat bahwa layanan jasa pendidikan sungguh relevan dengan kebutuhan masyarakat dan membuat sekolah tetap eksis, sehingga mendorong peneliti untuk mengangkat penelitian yang membahasa tentang Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Masyarakat di SMP Islam Terpadu Permata Kota Mojokerto. Pada fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perencanaan pemasaran pendidikan di SMPIT Permata Kota Mojokerto. 2) Pelaksanaan pemasaran pendidikan di SMPIT Permata Kota Mojokerto. 3) Evaluasi atau pengendalian pemasaran pendidikan di SMPIT Permata Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Humas. Analisis data yang diperoleh yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) perencanaan pemasaran SMPIT Permata Kota Mojokerto meliputi tujuan dan strategi, tujuannya yaitu menciptakan siswa cinta alquran, memberikan pelayanan yang terbaik, adapun strategi yang digunakan melalui 3 model yaitu secara internal yang dilakukan dengan memberikan pembinaan atau pengarahan pada guru, karyawan, dan siswa, dalam pemasaran eksternal ialah dengan mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, agar lebih dikenal masyarakat dan kemudian secara interaktif merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan sosialisasi dan berkunjung ke berbagai sekolah. 2) Kemudian dalam pelaksaan pemasaran menerapkan pembentukan 2 (dua) tim online dan offline, dalam pelaksaannya juga menerapkan pengarahan dan koordinasi agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai rencana. 3) Sedangkan evaluasi yatitu melakukan evaluasi pengendalian operasional yang bertujuan untuk memeriksa dan pengendalian strategi yang bertujuan untuk pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ainnun Rachmawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:17
Last Modified: 29 Jul 2022 06:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item