Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad Pada Santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren

Azizah, Nisfa Nur (2022) Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad Pada Santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126518_prabab.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932126518_bab1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932126518_bab2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932126518_bab3.pdf

Download (366kB)
[img] Text
932126518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
932126518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
932126518_bab6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932126518_dafrarpustaka.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932126518_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text
932126518_suratpernyataan.pdf

Download (361kB)

Abstract

Akhlak adalah salah satu modal yang tidak dapat ditinggalkan dalam zaman apapun, bahkan akhlak sangat ditekankan untuk menghasilkan output yang berakhlakul karimah dalam memajukan bangsa sekalipun. Persoalan dalam pendidikan akhlak sudah selayak menjadi tanggung jawab bersama jika masyarakat lengah dengan hal tersebut maka kemungkinan besar akan mengalami penurunan akhlak yang mengakibatkan kenakalan di kalangan remaja, sudah banyak sekali kasus-kasus yang menampar akan krisisnya akhlak di zaman sekarang. Pondok pesantren adalah lembaga tradisional yang berkembang di Indonesia bahkan pesonanya bisa bertahan sampai sekarang. Selayaknya dengan pondok Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren yang dibangun dengan basic modern dengan harapan selain mencetak lulusan paham ilmu agama juga tidak meninggalkan ilmu teknologi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan akhlak ketika santri mengkaji kitab Al-Adab Al-Mufrad dan mengetahui apa saja faktor yang menghambat dan mendukung dalam proses mendidik akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mendapatkan data berasal dari pengasuh pondok pesantren, santri. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan beberapa tahapan untuk menganalisisnya diantaranya dengan pengumpulan data, reduksi data, display (penyajian data), dan kesimpulan. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu mendapatkan data pada sumber yang berkaitan dengan penelitian seperti pengasuh, santri, dan pengurus guna mendukung terlaksananya penelitian ini. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan pertama dalam implementasi pendidikan akhlak dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad dampaknya sudah ada beberapa santri setelah mengkaji kitab tersebut yang dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari yang dimulai dari hal-hal sederhana seperti silaturahmi, tolong menolong, menghormati lebih tua dan lain sebagainya, meskipun terdapat beberapa santri yang masih bertolak belakang akan tetapi langsung diberikan penegasan oleh pengurus pondok. Kedua, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pendidikan akhlak di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren baik dalam diri santri atau dari lingkungan luar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisfa Nur Azizah
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:56
Last Modified: 29 Jul 2022 06:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item