Pengembangan Multimedia Interaktif Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Kelas IX Berbasis Aplikasi Android Dengan Pendekatan Alessi Dan Trollip

Ababil, Firda Ridhotul Ummah (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Kelas IX Berbasis Aplikasi Android Dengan Pendekatan Alessi Dan Trollip. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932311018_prabab.pdf

Download (711kB)
[img] Text
932311018_bab1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932311018_bab2.pdf

Download (330kB)
[img] Text
932311018_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
932311018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932311018_bab5.pdf

Download (68kB)
[img] Text
932311018_daftarpustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
932311018_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932311018_suratpernyataan.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK FIRDA RIDHOTUL UMMAH ABABIL, Dosen Pembimbing Bapak AHMAD SYAMSUDIN, M.Kom, dan Bapak MUHAMMAD KHOIRIL AKHYAR, M.Pd, Pengembangan Multimedia Interaktif Persamaan dan Fungsi Kuadrat Kelas IX Berbasis Aplikasi Android Dengan Pendekatan Alessi Dan Trollip. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Aplikasi Android, Pengembangan Alessi dan trollip. Perkembangan teknologi memberi pengaruh pesat terhadap berbagai sektor kehiduan salah satunya pada sektor pendidikan. Perkembangan pembelajaran pada saat ini seharusnya sesuai dengan kurikulum 2013 yakni guru sebagai fasilitator dan peserta didik aktif dalam mengikuti pelajaran di kelas, salah satunya melalui multimedia interaktif yang dapat digunakan sebagai sumber pendukung belajar peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat yang layak, praktis dan efektif digunakan oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Alessi dan Trollip yang meliputi 3 tahapan yaitu Tahap Perencanaan, Tahap Desain, dan Tahap Development. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan media, angket praktisi guru, angket respon peserta didik dan soal tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil validasi materi yakni sebesar 91.75% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi media yakni sebesar 79.25% dengan kriteria multimedia layak digunakan dengan revisi sesuai saran. Hasil uji praktisi dengan guru mapel memperoleh skor persentase 95% dan uji praktisi pada skala kecil sebesar 86,25% sehingga multimedia interktif sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan uji keefektifan multimedia interaktif melalui tes pemahaman siswa dan angket respon siswa di peroleh nilai rata-rata persentase skala besar sebesar 89% sedangkan untuk skala kecil sebesar 100% serta angket respon siswa pada skala besar sebesar 81% dengan kriteria multimedia sangat efektif. Sehingga multimedia interaktif materi persamaan dan fungsi kuadrat dapat diimplementasikan dalam mendukung pembelajaran peserta didik memahami materi persamaan dan fungsi kuadrat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods (Teori Pendekatan dan Metode Asimtotik)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010204 Dynamical Systems in Applications (Sistem Dinamis dalam Aplikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Firda Ridhotul Ummah Ababil
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:52
Last Modified: 28 Jul 2022 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5264

Actions (login required)

View Item View Item