Strategi bauran pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat calon wali murid di era normal setelah pandemi (studi kasus lembaga pendidikan MI AL-ISLAM Pranggang)

Sari, Febi Kurnia (2022) Strategi bauran pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat calon wali murid di era normal setelah pandemi (studi kasus lembaga pendidikan MI AL-ISLAM Pranggang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932407518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932407518_bab1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932407518_bab2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932407518_bab3.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932407518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
932407518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
932407518_bab6.pdf

Download (99kB)
[img] Text
932407518_daftar_pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2022_07_29_09_31_12 febi.pdf

Download (233kB)

Abstract

Pada pemasaran jasa pendidikan, strategi bauran pemasaran memiliki beberapa unsur yang sangat penting dan dapat dipadukan sedemikian rupa sehingga bisa memenangkan persaingan antar lembaga pendidikan dan memuaskan para konsumen. Bauran pemasaran juga dianggap sebagai salah satu unsur strategi yang paling potensial dalam memasarkan suatu produk maupun jasa dalam menarik minat para pengguna jasa pendidikan. Terlebih pada kondisi sekarang setelah badai pandemi covid-19 membuat sistem pemasaran jasa pendidikan serta sistem pembelajaran mengalami perubahan dan hambatan. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah strategi bauran pemasaan jasa pendidikan yang diterapkan di MI Al-Islam Pranggang telah dilakukan dengan baik, dan pada segi bauran pemasaran mana saja yang dapat menarik minat para calon wali murid memilih MI Al-Islam sebagai tempat anak menempuh pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian di MI Al-Islam Pranggang, yang mana dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah, pertama strategi bauran pemasaran product di MI Al-Islam sudah sangat baik, dilihat dari program yang diberikan serta output peserta didik yang dihasilkan. Kedua, strategi bauran pemasaran price sangat meringankan para calon wali murid. Ketiga, strategi bauran pemasaran promotion setelah adanya pandemi promosi dilakukan melalui media sosial, serta banner dimana sebelumnya dilakukan dari mulut ke mulut dan memanfaatkan media brosur serta spanduk. Keempat, strategi bauran pemasaran place madrasah memiliki lokasi yang strategis, namun segi keamanan dan kenyamanan perlu ditingkatkan kembali. Kelima, strategi bauran pemasaran people masih terdapat beberapa tenaga pendidik yang belum mendapatkan gelar sarjana namun pihak madrasah gencar memberikan pelatihan. Keenam, strategi bauran pemasaran process pada saat pasca pandemi pembelajaran dilakukan tatapmuka sesuai dengan aturan pemerintah dan setelah kondusif madrasah menambahkan jam pembelajaran untuk program keagamaan. Ketujuh, strategi bauran pemasaran physical evidence dari masa ke masa telah dilakukan penambahan gedung yang cukup signifikan sesuai kebutuhan madrasah. Adapun kendala yang dihadapi pihak madrasah terhadap strategi dalam menarik minat ada pada segi promosi yang mengalami perubahan dari strategi tradisional menjadi strategi berbasis media online. Sedangkan yang membuat para wali murid berminat memilih MI Al-Islam yaitu karena faktor program keagamaan, jarak sekolah, reputasi sekolah, biaya, pelayanan tenaga pendidik, fasilitas serta lokasi madrasah yang strategis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Febi Kurnia Sari
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:31
Last Modified: 29 Jul 2022 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5245

Actions (login required)

View Item View Item