Kamila, Muzakiyah (2022) Upaya Guru Tpq Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Pengenalan Makharijul Huruf Secara Daring Di Lembaga Ngaji Online Gus Anas Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123618_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932123618_Bab1.pdf Download (439kB) |
|
Text
932123618_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932123618_bab3.pdf Download (288kB) |
|
Text
932123618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
|
Text
932123618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
932123618_bab6.pdf Download (190kB) |
|
Text
932123618_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK MUZAKIYAH KAMILA, Dosen Pembimbing DR. H. SYAMSUL HUDA, M. AG dan H. IMAM MASRUR, M. TH. I, Upaya Guru Tpq Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Secara Daring di Lembaga "Ngaji Online Gus Anas Sidoarjo”, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Makharijul Huruf, Daring. Membaca Al Qur’an merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh semua umat islam dan untuk mengucapkan bacaan Al Qur’an diperlukan sebuah kaidah karena membaca Al Qur’an dengan benar hukumnya adalah wajib. Salah satu kaidahnya yaitu ilmu makharaj, dalam mempelajari makharijul huruf perlu adanya sebuah proses dan menggunakan metode yang tepat supaya santri dapat mempraktikkan bacaan Al-Qur’an. Pembina di Lembaga Ngaji Online Gus Anas mempunyai program baru yaitu pembelajaran Al-Qur’an secara daring. Program baru ini diadakan untuk memudahkan santri dalam belajar meskipun dengan jarak jauh. Materi yang lebih ditekankan dalam pembelajaran Al-Qur’an secara daring ini yaitu materi mengenai makharijul huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya-upaya yang dilakukan guru tpq dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an secara daring dan keefektifan pembelajaran makharijul huruf jika dilakukan secara daring. Penelitian ini menggunakan metde penelitian kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru dan santri di Lembaga Ngaji Online Gus Anas Sidoarjo, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan mengggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan bahwa:1) Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qu’an melalui pengenalan makharijul huruf secara daring di Lembaga Ngaji Online Gus Anas guru mempunyai beberapa upaya yang pertama guru memposting vidio di channel youtubenya agar santri tetap dapat belajar meskipun tidak melalui video call, yang kedua guru memberikan materi 2 hari sebelum jadwal belajar privat sehingga santri dapat belajar, yang ketiga guru menggunakan aplikasi whatshapp, zoom,dan google meet dalam melakukan pembelajaran supaya guru dapat melihat gerak-gerik mulut santri ketika membaca, yang keempat guru memberikan evaluasi kepada santri supaya guru dapat mengetahui hasil belajar santri. 2) Keefektifan pembelajaran Al-Qur’an melalui pengenalan makharijul huruf secara daring menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an secara daring dinilai kurang efektif karena masih terdapat kendala yaitu gangguan sinyal tetapi walaupun begitu guru tetap berusaha membimbing santri-santrinya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan, santri belum bisa membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah tetapi beberapa santri masih ada yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an dan belum sesuai dengan kaidah dalam membaca Al-Qur’an dengan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muzakiyah Kamila |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 02:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 02:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5214 |
Actions (login required)
View Item |