Wasiati, Rofiah (2022) Taman Pendidikan Al-Qur'An , Sarana Belajar Membaca Dan Menulis Al-Qur'An. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932128818_prabab.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
932128818_bab1.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text
932128818_bab2.pdf Download (962kB) |
![]() |
Text
932128818_bab3.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
932128818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
![]() |
Text
932128818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
![]() |
Text
932128818_bab6.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
932128818_daftarpustaka.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
932128818_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
![]() |
Text
932128818_suratpernyataan.pdf Download (373kB) |
Abstract
Melihat peran penting TPQ sebagai wadah atau sarana tempat belajar membaca dan menulis al-Qur‟an pada anak menarik peneliti untuk meneliti lebih dalam terkait peranan lembaga TPQ pada anak, Sehingga fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana tugas taman pendidikan al-Qur‟an (TPQ) sebagai sarana belajar membaca dan menulis al- Qur‟an pada anak (2) apa faktor pendukung dan penghambat sebagai sarana belajar membaca dan menulis al- Qur‟an pada anak dari fokus penelitian yang dibahas, maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan tugas Taman Pendidikan al-Qur‟an ( TPQ) sebagai sarana belajar membaca dan menulis al- Qur‟an pada anak (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat tugas Taman Pendidikan al-Qur‟an ( TPQ) sebagai sarana belajar membaca dan menulis al- Qur‟an pada anak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data penelitian peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi. Tahaptahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir penelitian. Hasil dari temukan penelitian yakni:. (1).Tugas atau peran TPQ sebagai sarana belajar membaca dan menulis al-Qur‟an pada anak adalah memberikan pengenalan terhadap huruf-huruf hijaiyah dan tata cara membaca dan menulis alQur‟an yang benar (Sesuai Tajwid dan Makhroj huruf) dan Melaksanakan kegiatan tambahan tahfidz dan praktik ibadah (2). Faktor pendukung tugas TPQ sebagai sarana belajar membaca dan menulis al-Qur‟an pada anak adalah tingkat semangat mau berangkat ke TPQ yang tinggi, fasilitas pendukung pembelajaran, kompetensi guru dan Faktor penghambat tugas TPQ sebagai sarana belajar membaca dan menulis al-Qur‟an pada anak adalah respon peserta didik beragam dalam proses pembelajaran dan Kurangnya motivasi dari orangtua tdalam memupuk kepercayaan diri anak sejak dini
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education (Gender, Seksualitas dan Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wasiati Rofiah |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 06:14 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 06:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |