Avivi, Riski (2022) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Positif Pelanggan Di SDN Pakunden 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932413118_prabab.pdf Download (833kB) |
|
Text
932413118_bab1.pdf Download (504kB) |
|
Text
932413118_bab2.pdf Download (565kB) |
|
Text
932413118_bab3.pdf Download (423kB) |
|
Text
932413118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932413118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
932413118_bab6.pdf Download (192kB) |
|
Text
932413118_daftarpustaka.pdf Download (298kB) |
|
Text
932413118_suratpernyataan.pdf Download (322kB) |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan nirlaba yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan, hal ini dibuktikan dengan adanya kemajuan teknologi dan kompetensi persaingan antar lembaga yang semakin ketat. Seperti halnya sekolah SDN Pakunden 3 Kota Kediri yang merupakan suatu lembaga pendidikan yang sudah berdiri pada tahun 1982 yang terkenel di masyarakat dengan suatu program keagamaannya dengan anggapan siswa-siswi di sekolah tersebut dapat mengimbangi ilmu pengetahuannya tidak hanya fokus pada pembelajaran umum saja melainkan juga dari sisi pemahaman ilmu keagamaan. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan fungsi manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra positif pelanggan di SDN Pakunden 3 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif pengumpulan data, menginterprestasikan data, serta menarik kesimpulan. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala sekolah, komite sekolah, kesiswaan dan waka humas dan pihak yang bersangkutan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknis analisis data kualitatif dengan beberapa aktifitas yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat empat fungsi manajemen sebagai setrategi pemasaran jasa pendidikan yaitu: 1) Perencanaan, dengan membentuk setrategi target, penetapan posisi pemasaran jasa pendidikan. 2) Pengoganisaian, dengan melakukan pengendalian, pengarahan, tanggung jawab, evaluasi organisasi dalam melatih seluruh stakeholder di sekolah guna untuk menciptakan suatu program jasa yang dapat menambah citra positif pelanggan. 3) Pelaksanaan, melakukan tindakan dalam suatu interaksi yang baik dengan pelanggan sekolah melalui setrategi Marketing Mix dalam bauran pemasaran jasa pendidikan. 4) Pengawasan, melakukan pengawasan efektifitas, keuntungan, peningkatan serta evaluasi. Hal ini dilakukan sebagai arahan kepada stakeholder setiap tindakan kegiatan yang dilaksanakan dalam pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan citra positif pelanggan di SDN Pakunden 3 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Riski Avivi |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 02:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 02:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5212 |
Actions (login required)
View Item |