Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTS Darul Hikmah Mojokerto

Anshorulloh, Ilham (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTS Darul Hikmah Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932405918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932405918_bab1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
932405918_bab2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
932405918_bab3.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932405918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
932405918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
932405918_bab6.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932405918_daftarpustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
932405918_suratpernyataan.pdf

Download (240kB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas merupakan tolak ukur kemajuan madrasah itu sendiri. Kualitas dapat diukur maju mundurnya dan kesuksesannya pendidikan yang ada di madrasah. Pendidikan yang berkualitas terbentuk oleh komponen-komponen yang menjadi nilai tambah agar mewujutkan visi dan misi madrasah. Hal itu dapat diupayakan oleh kepala madrasah melalui peningkatan mutu tenaga pendidik, peserta didik, kurikulum, adanya jaringan kerja sama yang baik. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidik di MTs Darul Hikmah Mojokerto, 2). Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di MTs Darul Hikmah Mojokerto, 3). Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu kurikulum di MTs Darul Hikmah Mojokerto 4). Untuk mengetahui strategi kepala madrasah melalui jaringan kerja sama peningkatan mutu sarana prasarana di MTs Darul Hikmah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, hasil dari penelitian kualitatif adalah data deskripstif dimana data diperoleh secara itensif dan terperinci. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang diperoleh dari berbagai informan yang berkaitan dengan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Darul Hikmah yang diperoleh dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa MTs Darul Hikmah Mojokerto menjalankan kegiatan pendidikan yang efektif dan efisien, dengan berbagai strategi- strategi yang di terapkan oleh kepala MTs Darul Hikmah Mojokerto yaitu: 1). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidik dengan pencapaian hasil yang baik melalui pemilihan guru mengajar di madrasah, pelatihan kegiatan bagi guru, pemberian hadiah atau penghargaan untuk guru yang berprestasi, 2). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik dengan pencapaian hasil baik melalui program ziarah makam para wali bagi murid baru, kenaikan kelas, 3). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu kurikulum dengan pencapaian hasil baik melalui kegiatan evaluasi tiap tahun, melakukan kegiatan pengembangan bagi siswa-siswi sesuai visi misi madrasah, pembagian mata pelajaran yang disesuaikan dengan konndisi wilayah atau tempat, 4). Strategi kepala madrasah melalui jaringan kerja sama peningkatan mutu sarana prasarana dengan pencapaian hasil baik seperti melakukan kerjasama dalam pengadaan sarana prasarana di madrasah, pengelolaan dan pemeliharaan sarana prasarana madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilham Anshorulloh
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:43
Last Modified: 02 Dec 2022 08:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item