Putri, Mega Chandra (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Power Point Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Muhammadiyah 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932601918_prabab.pdf Download (804kB) |
|
Text
932601918_bab1.pdf Download (378kB) |
|
Text
932601918_bab2.pdf Download (567kB) |
|
Text
932601918_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
|
Text
932601918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932601918_bab5.pdf Download (140kB) |
|
Text
932601918_daftarpustaka.pdf Download (126kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran online dan pembelajaran dengan sistem tatap muka terbatas, diakibatkan adanya pademi Covid-19 yang terjadi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Hal ini berdampak pada kurang efektifnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, salah satu kendalanya adalah pendidik yang belum dapat mengaplikasikan media pembelajaran yang lebih menarik dalam pembelajaran online ataupun pembelajaran dengan sistem tatap muka terbatas. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan minat belajar peserta didik. Kebijakan sistem pembelajaran online ataupun sistem pembelajaran tatap muka secara terbatas ini, juga berlaku di MI Muhammadiyah 1 Pare. Peningkatan minat belajar peserta didik dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran interaktif. Salah satunya dengan “Me-maticslearn”, yaitu multimedia pembelajaran interaktif power point berbasis android. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif dalam bentuk aplikasi “Me-maticslearn” guna meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian Lee Owens yang melalui lima tahapan pengembangan, yang diawali dengan tahapan analysis dan diakhiri dengan tahapan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 1 Pare dengan mengambil kelas IV pada program reguler yang terdiri dari empat rombel kelas. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif power point berbasis android mendapat penilaian kualifikasi baik. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh nilai dari ahli materi mendapat nilai 88% dan ahli media mendapat nilai 80%, dari hasil uji lapangan mendapat kualifikasi layak dari semua subjek validasi uji lapangan, dengan nilai kelayakan media pada uji coba perorangan mendapatkan nilai kelayakan media 89,16%, uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai kelayakan media 90,2%, dan uji coba kelompok besar mendapatkan nilai kelayakan media 93,02%. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif menunjukan hasil peningkatan minat belajar yang signifikan, dengan persentase sebelum penggunaan media 66% dan setelah penggunaan media menjadi 92% dengan jumlah 30 peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mega Chandra Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5191 |
Actions (login required)
View Item |