Swastika, Apriana (2022) Keterampilan Metakognitif Problem Solving Berdasarkan Level Penalaran Kontroversial Siswa Di SMA Negeri 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300718_bab1.pdf Download (185kB) |
|
Text
932300718_bab2.pdf Download (132kB) |
|
Text
932300718_bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932300718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
932300718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
932300718_bab6.pdf Download (91kB) |
|
Text
932300718_daftarpustaka.pdf Download (256kB) |
|
Text
932300718_prabab.pdf Download (909kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Download (202kB) |
Abstract
APRIANA SWASTIKA, 2022. Keterampilan Metakognitif Problem Solving Berdasarkan Level Penalaran Kontroversial Siswa Di SMA Negeri 1 Kediri, Dosen Pembimbing : Eka Resti Wulan, M.Pd. dan Dewi Hamidah, S.Si, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Metakognitif, Problem Solving, Level Penalaran Kontroversial Keterampilan metakognitif mampu meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat tersimpan lama di dalam memori mereka dan juga berdampak positif terhadap hasil belajarnya. Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah mengacu pada mengkonstruksi dan menentukan ciri-ciri penalaran kontroversial. Pada dasarnya, permasalahan yang dihadapi oleh seseorang tidaklah sama karena perlu menyesuaikan cara berpikir yang mengimplikasikan proses kognitif. Salah satu masalah yang penting untuk menjadi pengalaman belajar bagi siswa yaitu masalah kontroversial dimana membuat mereka mengenali kontradiksi, melakukan eksplorasi secara mendalam, kemudian melakukan proses klarifikasi.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan metakognitif problem solving siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri pada level penalaran kontroversial inisial, eksplorasi, dan klarifikasi ketika menyelesaikan masalah pertidaksamaan irasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kediri. Sumber data diperoleh dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes permasalahan kontroversial, tes problem solving, metode think aloud, dan wawancara semi terstruktur berbasis tugas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan member check.Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa 1) Keterampilan metakognitif problem solving siswa pada level penalaran kontroversial inisial ketika menyelesaikan masalah pertidaksamaan irasional hanya mampu memenuhi indikator aktivitas metakognitif pada tahap memahami masalah dan menentukan rencana strategi pemecahan masalah. 2) Keterampilan metakognitif problem solving siswa pada level penalaran kontroversial eksplorasi ketika menyelesaikan masalah pertidaksamaan irasional mampu memenuhi indikator keterampilan metakognitif pada tahap memahami masalah, menentukan rencana strategi pemecahan masalah, dan menyelesaikan strategi penyelesaian masalah. 3) Keterampilan metakognitif problem solving siswa pada level penalaran kontroversial klarifikasi ketika menyelesaikan masalah pertidaksamaan irasional mampu memenuhi indikator keterampilan metakognitif pada tahap memahami masalah, menentukan rencana strategi pemecahan masalah, menyelesaikan strategi penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Apriana Swastika |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5174 |
Actions (login required)
View Item |