Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Etika Berbicara Pada Peserta Didik Di Mts Negeri 7 Kediri

Hardi, Muhamad Rio (2022) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Etika Berbicara Pada Peserta Didik Di Mts Negeri 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121618_prabab.pdf

Download (772kB)
[img] Text
932121618_bab1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932121618_bab2.pdf

Download (491kB)
[img] Text
932121618_bab3.pdf

Download (389kB)
[img] Text
932121618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
932121618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
932121618_bab6.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932121618_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932121618_suratpernyataan.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peserta didik yang etikanya rendah. Hal tersebut menunjukkan kurang tercapainya dalam tujuan pendidikan terutama dalam pembentukan akhlak peserta didik. Kedudukan etika menempati tempat yang penting dalam individu, masyarakat, dan bangsa karena jika etika berbicara dapat menempati akhlak terpuji dalam masyarakat peserta didik akan di terima di masyarakat begitu sebaliknya. Tetapi jika peserta didik kurang memiliki etika berbicara kurang baik,maka peserta didik akan sulit di terima dan bisa di kucilkan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana usaha yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam menumbuhkan etika berbicara pada peserta didik di MTsN 7 Kediri. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru akiidah akhlak untuk menumbuhkan etika berbicara pada peserta didik di MTsN 7 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTsN 7 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu, melakukan reduksi data (mengolah data), menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, dan menyimpulkan data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang penelitian, pengecekan keabsahan data dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Usaha guru akidah akhlak dalam menumbuhkan etika berbicara peserta didik yaitu dengan memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada peserta didik, membiasakan berbicara baik serta berperilaku yang baik kepada peserta didik, menggunakan metode yang sesuai dengan pokok pembahasan, menggunakan metode demonstrasi, diskusi, dan menerapkan pembelajaran sikap. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam menumbuhkan etika berbicara peserta didik yaitu pendukung, lingkungan sekolah dan pembiasaan membaca Al-Qur’an, membaca asmaul husna, sholat berjamaah, dan sholat dhuha, kerja sama antara guru Akidah Akhlak dengan guru lainya, dan kerja sama antara pihak Madrasah dengan orang tua, adapun penghambatnya ialah keterbatasan waktu, faktor psikologi peserta didik, dan faktor orang tua. Jadi upaya guru akidah akhlak ini mampu menumbuhkan etika berbicara peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Rio Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:18
Last Modified: 25 Jul 2022 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item