Kabir, Aghistna Fauzzul (2022) Pengaruh Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Keagamaan Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pace Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110017_prabab.pdf Download (764kB) |
|
Text
932110017_bab1.pdf Download (268kB) |
|
Text
932110017_bab2.pdf Download (246kB) |
|
Text
932110017_bab3.pdf Download (180kB) |
|
Text
932110017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
932110017_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
932110017_bab6.pdf Download (51kB) |
|
Text
932110017_daftar_pustaka.pdf Download (113kB) |
|
Text
932110017_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
9321100017_suratpernyataan.pdf Download (196kB) |
Abstract
Perilaku keagamaan merupakan suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan kadar ketaatan terhadap agama. Perilaku keagamaan dapat dipengaruhi dari memahami mata pelajaran PAI karena pemahaman ini bertujuan untuk membentuk karakter manusia yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan sesuai dengan syariat islam sebagai ajaran dasar manusia berbuat dan berkehendak. Selain itu lingkungan keluarga juga sangat penting dalam membentuk perilaku manusia. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMAN 1 Pace Nganjuk?, 2) Bagaimana pendidikan keagamaan dalam keluarga siswa SMAN 1 Pace Nganjuk?, 3) Bagaimana perilaku keagamaan siswa SMAN 1 Pace Nganjuk?, 4) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa SMAN 1 Pace Nganjuk?, 5) Adakah pengaruh pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan siswa SMAN 1 Pace Nganjuk?, 6) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan siswa SMAN 1 Pace Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitian berada di SMAN 1 Pace dengan jumlah sample sebanyak 105 siswa kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regrensi linier berganda. Kesimpulan dari hasil penelitia menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam nilai mean sebesar 98,22 dikategorikan Sangat Tinggi. 2) Pendidikan Keagamaan dalam Keluarga nilai mean sebesar 99,97 dikategorikan Sangat Tinggi. 3) Perilaku keagamaan nilai mean sebesar 100,91 dikategrikan Sangat Tinggi. 4) Nilai pengaruh pemahaman mata pelajaran pendidika agama islam terhadap perilaku keagamaan dalam keluarga sebesar 29,5%. 5) nilai pengaruh pendidikan keagamaan dalam keluarga dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan sebesar 47,2%. 6) hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman mata pelajaran pendidikan agama islam dan pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan siswa di SMAN 1 Pace Nganjuk sebesar 51,8%
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aghistna Fauzzul Kabir |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5148 |
Actions (login required)
View Item |