Asroriyyah, Rusyda Khozinatul (2022) " العمدات والتكميلات في كتاب الالا وتضمنها بتعليم القواعد " (دراسة تحليلية نحوية). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932508118_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932508118_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932508118_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
|
Text
932508118_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932508118_bab4.pdf Download (599kB) |
|
Text
932508118_daftarpustaka.pdf Download (903kB) |
|
Text
932508118_suratpernyataan.pdf Download (366kB) |
Abstract
ABSTRAK Rusyda Khozinatul Asroriyyah (815219119), Dosen Pembimbing: Dr. Nurul Hanani, M. H.I dan Dr. Umar Faruq, M. Fil. I: Umdah- umdah dan Takmilahtakmilah dalam Kitab Alala dan Implikasinya dengan Pengajaran Qawaid (Studi Analisis Sintaksis), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 5155. Kata Kunci: Umdah dan Takmilah, Kitab Alala, Pengajaran Qawaid. . Penelitian ini membahas tentang analisis sintaksis (analisis dari segi tata bahasa), unsur- unsur dalam kalimat Arab, yaitu umdah dan takmilah. Umdah adalah unsur utama dalam kalimat bahasa Arab, yang tersusun dari musnad dan musnad ilaih (subjek dan predikat). Takmilah merupakan kata tambahan dalam suatu kalimat. Rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana bentuk- bentuk umdah dalam kitab Alala? 5) Bagaimana bentuk- bentuk takmilah dalam kitab Alala? 1) Apa implikasi antara analisis umdah- umdah dan takmilah- takmilah dengan Pengajaran nahwu? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber datanya adalah kitab syair Alala, menggunakan dokumentasi sebagai metode pengumpulan datanya, analisis yang digunakan adalah analisis isi yaitu analisis yang digunakan untuk memahami suatu teks atau buku. Adapun hasil dari penelitian analisis ini adalah berikut: terdapat 81 kalimat umdah (kalimat utama), dengan rincian 47 jumlah fi‟liyah (kata kerja), 59 jumlah ismiyah (kata benda), dan 11 jumlah ismiyah yang didahului Kana serta saudaranya dan Inna serta saudaranya. Dan juga terdapat 119 kalimat takmilah (kata pelengkap), dengan rincian 15 takmilah nashab, 118 takmilah khafdh (jer), dan 57 takmilah tawabi’. Analisis sintaksis mengenai umdah dan takmilah berimplikasi dengan pembelajaran qawaid, yaitu menunjukkan penerapan pemahaman nahwu dengan metode istinbathi, yaitu metode pengajaran nahwu dengan penyampaian contoh kemudian kaidahnya. Metode ini memperdalam pemahaman siswa terhadap nahwu, khususnya terhadap materi umdah dan takmilah dengan menggunakan syi‟ir Alala.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rusyda Khozinatul Asroriyyah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 03:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 03:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5135 |
Actions (login required)
View Item |