Studi Komparasi Konsep Pendidikan Kritis Paulo Freire Dengan Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali

Falahiyah, Jazilatul (2022) Studi Komparasi Konsep Pendidikan Kritis Paulo Freire Dengan Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111118_bab1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
932111118_bab2.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932111118_bab3.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932111118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
932111118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932111118_bab6.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932111118_daftarpustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK JAZILATUL FALAHIYAH. 2022. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Kritis Paulo Freire dengan Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing Dr. H. MUNIRON, M.Ag dan SURAHMAT, M.Hum. Kata Kunci: Pendidikan Kritis Paulo Freire, Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali Penelitian ini dilakukan karena pendidikan kritis yang ditawarkan Paulo Freire memberikan inspirasi tentang muatan yang seharusnya ada dalam pendidikan, alur berfikir Paulo Freire memiliki persamaan dan perbedaan dengan pandangan pendidikan Islam. Islam sebagai sebuah agama yang telah mengajarkan adanya penghargaan terhadap eksistensi manusia yang merupakan makhluk beradab, berfikir, dan memiliki kesadaran jauh sebelum Paulo Freire ada. Imam al-Ghazali adalah sumber inspirasi kegelisahan nalar. Integritasnya sebagai seorang praktisi pendidikan telah mendorong banyak kalangan mengkaji pemikirannya tentang pendidikan. Pendapat Imam al-Ghazali tentang pendidikan tidak menuntut peran peserta didik untuk patuh terhadap guru pada kondisi apapun, tetapi wajib mematuhi selama tidak bertentangan dengan perintah Allah. Di sisi lain, Imam al-Ghazali juga menuntut guru untuk profesional dan selalu menjaga diri dari hal-hal yang dilarang Allah, karena guru menjadi teladan bagi murid-muridnya. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana konsep pendidikan kritis Paulo Freire? (2) bagaimana konsep pendidikan Islam Imam al-Ghazali? (3) bagaimana komparasi pendidikan kritis Paulo Freire dengan pendidikan Islam Imam al-Ghazali. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan memperoleh data-data yang dibutuhkan, yaitu berupa sumber-sumber dari beberapa literatur yang erat kaitannya dengan tema yang dibahas. Sesuai dengan sifat masalah dan karakteristik masalah yang diteliti, maka analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis), yang bersumber dari hasil eksplorasi data kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa pendidikan kritis Paulo Freire memiliki persamaan dan perbedaan dengan pendidikan Islam Imam al-Ghazali. Secara persamaannya itu bisa dilihat dari adanya usaha untuk menjadikan peserta didik sebagai subjek dan tetap membiasakan akhlak yang baik sesuai tuntunan agama dalam setiap kegiatan belajar mengajar untuk bisa sampai pada cita-cita keseimbangan dunia dan akhirat. Sedangkan secara perbedaannya itu bisa dilihat dari komponen-komponen konsep pemikiran pendidikannya yang sudah dijelaskan dalam konsep pendidikan kritis Paulo Freire dan pendidikan Islam Imam al-Ghazali.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jazilatul Falahiyah
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:03
Last Modified: 15 Jul 2022 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item