Dewi, Andova Fida Cipta (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Siswa Kelas VIII Masa Covid-19 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Miftahul Ulum Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135617_prabab.pdf Download (422kB) |
|
Text
932135617_bab1.pdf Download (988kB) |
|
Text
932135617_bab2.pdf Download (219kB) |
|
Text
932135617_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932135617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932135617_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932135617_bab6.pdf Download (57kB) |
|
Text
932135617_daftarpustaka.pdf Download (901kB) |
|
Text
932135617_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK ANDOVA FIDA CIPTA DEWI, Dosen pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si dan Eka Sulistyawati, M.Pd.: Pengaruh Pembelajaran Daring Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Siswa Kelas VIII Masa Covid-19 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Miftahul „Ulum Kediri. Tarbiyah, IAIN Kediri 2021. Kata kunci : Pembelajaran Daring Google Classroom, Pemahaman Konsep Pada masa dan situasi pandemi Covid-19 pendidikan harus memulai dengan menyesuaikan keadaan yang ada pada saat ini. Hal yang harus dilakukan adalah dengan mengadakan pembelajaran jarak jauh. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu Google Classroom. Salah satu hal penting yang dijadikan penentu keberhasilan pembelajaran adalah pemahaman konsep yang dapat menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Karena pemahaman konsep merupakan landasan yang sangat penting melatih siswa dalam berpikir dan dapat diaplikasikan untuk menyesuaikan suatu permasalahan berkaitan dengan konsep yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui pemahaman konsep belajar siswa kelas VIII masa Covid-19 pada mata pelajaran akidah akhlak yang menggunakan pembelajaran daring Google Classroomdi MTs Miftahul Ulum Kediri. 2) Untuk mengetahuipemahaman konsep belajar siswa kelas VIII masa Covid-19 pada mata pelajaran akidah akhlak dikelas yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) di MTs Miftahul „Ulum Kediri. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring Google Classroom terhadap pemahaman konsep belajar siswa kelas VIII masa Covid-19 pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Miftahul Ulum Kediri. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experiment dan menggunakan teknik Probability sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sample. Teknik yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu suatu teknik yang pengambilan anggota dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Samplenya adalah kelas VIII A dan VIII B dengan uji hipotesisnya menggunakan Uji Sample Independent T-test.Hasil penelitian ini menunjukkan : hasil analisis signifikansi 2 t-tailed 0,000 < 0,05 nilai tersebut menunjukkan bahwaTerdapat pengaruh pembelajaran daring Google Classroom terhadap pemahaman konsep belajar siswa kelas VIII masa Covid-19 pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Miftahul „Ulum Kediri. Begitu juga dengan nilai pada kelas yang menggunakan pembelajaran daring Google Classroom dengan memperoleh nilai mean sebesar 82,50 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:08 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4973 |
Actions (login required)
View Item |