Maulana, Fajar (2021) Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Di SMP Plus Ar-Rahman Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135516_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932135516_bab1.pdf Download (397kB) |
|
Text
932135516_bab2.pdf Download (440kB) |
|
Text
932135516_bab3.pdf Download (312kB) |
|
Text
932135516_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
Text
932135516_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text
932135516_bab6.pdf Download (164kB) |
|
Text
932135516_daftarpustaka.pdf Download (281kB) |
|
Text
932135516_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK FAJAR MAULANA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Anwar, M.Ag. dan M, Desta Pradana, M.Pd.I.: Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar di SMP Plus Ar-Rahman Kediri. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Motivasi dan Kedisiplinan Belajar. Dalam kegiatan pendidikan, Ekstrakurikuler Pramuka sangatlah penting, oleh karena itu harus ada dasar sebagai landasannya yaitu Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Ekstrakurikuler Pramuka adalah bagian dari bagian yang dijadikan langkah awal untuk meningkatkan motivasi dan kedisiplinan belajar dengan cara mengikuti secara sistematis Ekstrakurikuler Pramuka . Maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar di SMP Plus Ar-Rahman Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa SMP Plus Ar-Rahman Kediri dengan jumlah 94 siswa dengan jumlah sampel juga sebanyak 94 siswa ditentukan dengan Suharsimi Arikunto bahwa populasi kurang dari 100 maka, semua dijadikan sampel. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuisioner (angket) dalam pengumpulan data. Adapun pada pengujian hipotesis menggunakan analisa data kuantitatif dengan rumus analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengaruh yang signifikan antara Ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi di SMP PLUS Ar-Rahman Kediri. Thitung 8.025 > Ttabel 0.2028 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. 2) Pengaruh yang signifikan antara Ekstrakurikuler pramuka terhadap Kedisiplinan Belajar di SMP PLUS Ar-Rahman Kediri. Thitung 9.045 > Ttabel 0.2028 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. 3) Pengaruh yang signifikan secara simultan antara Ekstrakurikuler pramuka terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar di SMP PLUS Ar-Rahman Kediri. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji t (t-test) menunjukkan dimana setiap signifikanya Ha bahwa nilai signifikan < 0.05 (0.000 < 0.05). Hal ini didukung oleh pembuktian dari nilai Thitung > Ttabel antara Ekstrakurikuler pramuka terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar sebesar 2.459 > 0.2028. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Ekstrakurikuler pramuka terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4972 |
Actions (login required)
View Item |