Sholichah, Rahma Hidayatus (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pare Tahun Ajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932133614_prabab.pdf Download (785kB) |
|
Text
932133614_prabab.pdf Download (785kB) |
|
Text
932133614_bab1.pdf Download (165kB) |
|
Text
932133614_bab2.pdf Download (257kB) |
|
Text
932133614_bab3.pdf Download (178kB) |
|
Text
932133614_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text
932133614_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text
932133614_bab6.pdf Download (69kB) |
|
Text
932133614_daftarpustaka.pdf Download (136kB) |
|
Text
932133614_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
Abstract
ABSTRAK RAHMA HIDAYATUS SHOLICHAH, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag, dan M. Nabil Khasbullah, M.Pd.I. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Pare Tahun Ajaran 2019-2020, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, Peserta Didik Karakter merupakan kunci dari kehidupan bermasyarakat, orang yang mempunyai karakter akan cenderung dihormati daripada yang tidak memiliki karakter. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui cara sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa. 2) Mengetahui metode yang digunakan guru dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa. 3) Mengetahui peran guru dalam menumbuhkan rasa kepedulian sosial siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha untuk mengetahui peran / kontribusi nilai pendidikan agama terhadap perilaku sosial siswa. Dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru PAI, guru PPKn, dan siswa. Kemudian peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi dalam melakukan penggalian data. Dan Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan 3 cara yani data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Dari penelitian yang dilakukan ini, penulis mendapat hasil penelitian sebagai berikut 1) Implementasi pendidikan karakter peduli sosial di SMPN 3 Pare sudah berjalan dengan baik. Tahap implementasi dimulai dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang mengakomodasi nilai-nilai karakter peduli sosial kedalam mata pelajaran (pembelajaran). Penerapan karakter peduli sosial memiliki dampak yang baik seperti siswa jadi lebih disiplin, sopan dan peka terhadap keadaan orang lain yang sedang kesulitan. 2) Metode yang digunakan dalam menanamkan karakter peduli sosial ada 3 macam, yang pertama yaitu mengintegrasikan nilai-nilai peduli sosial kedalam pembalajaran disetiap mata pelajaran. Yang kedua dengan cara keteladanan, yaitu guru memberikan teladan bagi peserta didik untuk bersikap peduli terhadap sesama. Sedangkan yang ketiga adalah melalui kegiatan pembiasaan, kegaitan ini terbagi menjadi 2, yaitu kegiatan rutin seperti infak, zakat, penyembelihan hewan qurban dan juga kegiatan insidentil atau spontan seperti, melakukan bhakti sosial, mengumpulkan donasi bagi korban bencana alam di daerah lain dan juga membantu. 3) Terdapat 2 peran guru dalam penanaman karakter peduli sosial, yaitu guru sebagai motivator dan juga sebagai demonstrator.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160805 Social Change |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:15 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4935 |
Actions (login required)
View Item |