Zahro, Ayu Mawadah (2017) Tinjauan Prinsip Syariah Terhadap Pelayanan Hotel Salmaa Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
COVER_HALAMAN DEPAN.pdf Download (729kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (710kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (413kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (482kB) |
Abstract
Penerapan prinsip syariah pada bisnis perhotelan merupakan sebuah konsep perpaduan antara bisnis hotel konvensional dengan memasukkan beberapa prinsip (aturan/nilai-nilai) Islam di dalamnya. Konsep semacam ini adalah satu hal yang terbilang baru, namun banyak diminati oleh masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah muslim seperti Indonesia. Banyak tanggapan atau pandangan miring terhadap hotel pada umunya menjadikan beberapa pelaku bisnis berfikir dan berusaha membuat konsep baru yang sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di dalam masyarakat dan agama. Berangkat dari adanya hotel berlabel syariah dengan menerapkan prinsip syariah dalam memberlakukan seleksi tamu pada pelayanannya, penelitian ini ingin mengetahui apakah dalam pelayanan hotel Salmaa Kediri secara menyeluruh sudah sesuai degan prinsip-prinsip syariah, mengingat hotel Salmaa kediri sudah mencantumkan label syariah pada papan namaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan prinsip syariah terhadap pelayanan hotel Salmaa kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatatif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penlitian di Hotel Salmaa Kediri. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu Manajer Hotel Salmaa, Staf karyawan dan tamu hotel Salmaa kediri. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Hotel Salmaa Kediri dalam menjalankan aktifitas bisnisnya senantiasa memberikan pelayanan yang optimal kepada tamu, mengutamakan keramah tamahan dan pelayanan maksimal menjadi unsur penting agar tamu merasa senang ketika menginap di hotel. Tinjauan prinsip syariah pada pelayanan hotel salmaa kediri dapat dilihat dari beberapa pelayanan yang sudah sesuai dengan prinsip syariah, meliputi a) pelayanan pemesanan kamar, b) pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruang hotel, c) pelayanan makanan dan minuman. Namun, pada pelayanan penerimaan tamu belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah, sebab ada beberapa hal yang belum sesuai dengan prinsip syariah, yang mana tidak semua karyawan perempuan mengenakan hijab saat bekerja dan tidak semua pasangan lawan jenis ketika melakukan reservasi kamar diminta menunjukkan buku nikah atau KTP kedua pasangan, namun hanya menunjukkan salah satu KTP saja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 01:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 01:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |