Khasanah, Binti Uswatun (2021) Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ujian Nasional Yang Mendapatkan Bimbingan Dan Yang Tidak Mendapatkan Bimbingan Di SMP Negeri 1 Plemahan Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132614_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932132614_bab1.pdf Download (87kB) |
|
Text
932132614_bab2.pdf Download (140kB) |
|
Text
932132614_bab3.pdf Download (991kB) |
|
Text
932132614_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932132614_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
Text
932132614_bab6.pdf Download (59kB) |
|
Text
932132614_daftarpustaka.pdf Download (63kB) |
|
Text
932132614_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK BINTI USWATUN KHASANAH, Dosen Pembimbing DR. ISKANDAR TSANI, M. Ag dan ERWIN INDRIOKO, M.Pd.I. : Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ujian Nasional Yang Mendapatkan Bimbingan Dan Yang Tidak Mendapatkan Bimbingan Di SMP Negeri 1 Plemahan Tahun Pelajaran 2017-2018 di Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Mata Pelajaran UN, Bimbingan Belajar Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana prestasi belajar siswa mata pelajaran ujian nasional yang mendapatkan bimbingan di SMP Negeri 1 Plemahan tahun pelajaran 2017-2018. (2) Bagaimana prestasi siswa mata pelajaran ujian nasional yang tidak mendapatkan bimbingan di SMP Negeri 1 plemahan tahun pelajaran 2017-2018. (3) Bagaimana perbedaan prestasi siswa mata pelajaran ujian nasional yang mendapatkan bimbingan dan yang tidak mendapatkan bimbingan di SMP Negeri 1 plemahan tahun pelajaran 2017-2018. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 360 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Plemahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 34% atau 120 siswa kelas VIII G, VIII H, dan VIII I SMP Negeri 1 Plemahan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah yang mengikuti bimbingan belajar (X1) dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, observasi langsung, dokumentasi, angket siswa. Untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik komparasi T-Test Independent Sample. Hasil penelitian menunjukkan (1) Prestasi belajar siswa mata pelajaran ujian nasional yang mendapatkan bimbingan belajar diperoleh nilai tertinggi 94, nilai terendah 75 dan mean yang diperoleh sebesar 80,7667. (2) Prestasi belajar siswa mata pelajaran ujian nasional yang tidak mendapatkan bimbingan belajar diperoleh nilai tertinggi 91, nilai terendah 75 dan mean yang diperoleh sebesar 80,2528. (3)Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus komparasi t-test independent diperoleh thitung= 1.20099575. Selain itu, ttabel 1,980 lebih besar dari thitung. Sehingga, Ho diterima yang berbunyi tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa mata pelajaran UN yang mengikuti bimbingan yang yang tidak mengikuti bimbingan di SMP Negeri 1 Plemahan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 03:11 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 03:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4918 |
Actions (login required)
View Item |