Penerapan Strategi Pemasaran Stand Pameran Pada Umkm Tenun Ikat Medali Mas Guna Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di Bandar Kidul - Kota Kediri)

Aulia, Riska Dinda (2022) Penerapan Strategi Pemasaran Stand Pameran Pada Umkm Tenun Ikat Medali Mas Guna Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di Bandar Kidul - Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931301218_prabab.pdf

Download (603kB)
[img] Text
931301218_bab1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
931301218_bab2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931301218_bab3.pdf

Download (399kB)
[img] Text
931301218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
931301218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
931301218_bab6.pdf

Download (289kB)
[img] Text
931301218_daftarpustaka.pdf

Download (108kB)
[img] Text
931301218_SuratPernyataan.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Riska Dinda Aulia, Dosen pembimbing Dijan Novia Saka, SE, MM dan Mundhori, ME : Penerapan Strategi Pemasaran Stand Pameran Dalam UMKM Tenun Ikat Medali Mas Guna Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Bandar Kidul – Kota Kediri), Provinsi Jawa Timur, Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Pemasaran, Pameran, Penjualan Strategi pemasaran merupakan kunci utama keberhasilan dari suatu perusahaan, dapat dilihat dari hasil penelitian berbagai macam metode pemasaran yang telah digunakan oleh UMKM tenun Ikat Medali Mas Bandar kidul, namun karena pemasaran yang dilakukan tidak secara berkala mengakibatkan hasil yang kurang maksimal dalam pemasaran produk secara online. Tetapi meskipun pemasaran online belum dijalankan dengan maksimal, UMKM Tenun Ikat Medali Mas juga menerapkan strategi pemasaran stand pameran, dengan mengikuti pameran atau expo UMKM Tenun Ikat Medali Mas mampu membantu meningkatkan penjualan dalam perusahaan dan berhasil membuat produk Tenun Ikat Medali Mas menembus pasar internasional dalam penjualannya. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih lanjut mengenai strategi pemasaran stand pameran guna meningkatkan penjualan dan segala faktor – faktor yang melatar belakangi meningkatnya penjualan perusahaan serta permasalahan pemasaran yang dihadapi oleh UMKM Tenun Ikat Medali Mas Bandar Kidul, peneliti juga memiliki fokus untuk melihat pola-pola hubungan yang dikembangkan pihak oleh pemilik UMKM Tenun Ikat Medali Mas untuk selalu loyalitas dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Dalam memperolah data, peneliti melakukan observasi, wawancara terstruktur, studi litertur dan dokumentasi yang kemudian di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu Pemilik, karyawan, konsumen pesaing UMKM Tenun Ikat Medali Mas Kota Kediri. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data yang sudah dianalisis menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran stand pameran pada UMKM Tenun Ikat Medali Mas mampu meningkatkan penjualan. Dengan melakukan studi observasi, dapat dilihat dari penambahan karyawan, penambahan ATBM ( Alat Tenun Bukan Mesin), penambahan hasil produksi kain, serta penambahan total penjualan pertahun mulai dari Tahun 2016 hingga Tahun 2022. Pendapatan dapat mengalami peningkatan karena adanya penerapan strategi pemasaran berupa stand pameran yang dilakukan oleh UMKM Tenun Ikat Medali Mas, yang sangat berguna untuk memperluas pangsa pasar terutama pada masa pandemic covid 19 sejak tahun 2020 lalu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Riska Dinda Aulia
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:28
Last Modified: 08 Jul 2022 01:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item View Item