Zulfa, Dewi Kholishotuz (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Papar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116616_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932116616_bab1.pdf Download (437kB) |
|
Text
932116616_bab2.pdf Download (589kB) |
|
Text
932116616_bab3.pdf Download (618kB) |
|
Text
932116616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text
932116616_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
932116616_bab6.pdf Download (307kB) |
|
Text
932116616_daftarpustaka.pdf Download (303kB) |
|
Text
932116616_suratpernyataan.pdf Download (178kB) |
Abstract
Guru memiliki peran besar dalam keberhasilan pendidikan. Keberhasilan pendidikan dapat tercapai apabila siswa memiliki motivasi yang besar dalam belajar. Terlebih lagi belajar dalam bidang pendidikan agama Islam, diharapkan siswa dapat mengamalkan ilmu tersebut sehingga terwujudnya siswa yang berakhlakul karimah. Untuk memunculkan maupun meningkatkan motivasi belajar, guru harus memiliki kompetensi yang tinggi dalam mengajar, mengelola pembelajaran, mengelola kelas sehingga siswa dapat belajar dengan efektif, menyenangkan, dan optimal. Berangkat dari hal tersebut, peneliti menalaah lebih jauh mengenai: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang profesionalisme guru di kelas XI SMA Negeri 1 Papar?, 2) Bagaimana motivasi belajar PAI siswa kelas XI SMA Negeri 1 Papar?, 3) Adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan motivasi belajar PAI siswa kelas XI SMA Negeri 1 Papar?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap motivasi belajar PAI di SMA Negeri 1 Papar, maka dianalisa data dari 177 responden dengan menggunakan angket/kuisioner dengan analisis data menggunakan bantuan SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa, 1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Papar diperoleh nilai rata-rata sebesar 176,79 berada dalam kategori cukup, 2) Motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Papar diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,90 berada dalam kategori cukup, 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Papar yaitu sebesar 37,4% dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 7,172 + 0,383.X, dimana jika persepsi siswa tentang profesionalisme guru (X) konstan atau sama dengan nol, maka motivasi belajar siswa PAI (Y) sebesar 7,172. Jika persepsi siswa tentang profesionalisme guru ditingkatkan sebesar satu satuan, maka motivasi belajar PAI meningkat sebesar 0,383.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Dewi Kholishotuz Zulfa |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 01:32 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 01:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4911 |
Actions (login required)
View Item |