Khoirunisa', Alfi (2016) Persaingan antar Pengusaha Roti Bakery di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
SAMPUL SKRIPSI_HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (789kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (767kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text
PEDOMAN OBSERVASI_PEDOMAN WAWANCARA.pdf Download (11kB) |
Abstract
Persaingan usaha merupakan proses sosial yang melibatkan individu atau kelompok yang saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Saat ini keberadaan roti bakery tidak hanya di kota-kota besar, di pedesaan kini telah mulai bermunculan untuk mendirikan usaha roti bakery, hal ini menimbulkan adanya persaingan. Untuk memenangkan suatu persaingan harus memberikan produk yang bermutu, memberikan pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan antar pengusaha roti bakery di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, dan untuk mengetahui persaingan antar pengusaha roti bakery di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Jumlah roti bakery yang akan di teliti ada dua, yaitu Griya Bakery dan Mawaddah Bakery. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi ke lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu suatu teknik analisis data dimana data terdahulu dipaparkannya semua data yang diperoleh kemudian menganalisisnya dengan berpedoman pada sumber-sumber dalam bentuk kalimat yaitu dengan menggunakan beberapa tahapan. Hasil penelitian menunjukkan persaingan antar pengusaha roti bakery di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk masih wajar. Hasil berupa (1) produk yang dijual tidak kadaluarsa (2) lokasi strategis berada di pinggir jalan raya (3) promosi yang di gunakan melalui kardus pembungkus roti (4) harga yang di tawarkan cenderung naik turun, tetapi beda tipis. Sedangkan persaingan di Desa Sonoageng ditinjau dari etika bisnis Islam masih dalam batasbatas etika bisnis Islam. Hal ini ditunjukkan dengan (1) jujur dalam takaran, tidak mencampur dengan bahan pengawet (2) menjual barang yang baik mutunya, roti tidak kadaluarsa (3) tidak menggunakan sumpah (4) longgar dan bermurah hati kepada pelanggan (5) membangun hubungan baik dengan pelanggan, memberi bonus setiap pembelian dalam jumlah yang banyak (6) tertib administrasi, selalu mencatat jumlah pesanan yang datang, dan (7) berkenaan harga dengan transparan, tidak membedakan harga antara pembeli satu dengan pembeli lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 07:29 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 07:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/489 |
Actions (login required)
View Item |