Efektivitas Metode Problem Based Learning Dan Metode Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Pomosda Nganjuk

Nisa’, Alfinatu Ulfatun (2021) Efektivitas Metode Problem Based Learning Dan Metode Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Pomosda Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131917_prabab.pdf

Download (577kB)
[img] Text
932131917_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131917_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131917_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932131917_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
932131917_bab6.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932131917_daftarpustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
932131917_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ALFINATU ULFATUN NISA‟, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd.: Efektivitas Metode Problem Based Learning dan metode Teams Games Tournamen untuk meningkatkan hasil belajar kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP POMOSDA Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri 2021. Kata kunci : Metode Problem Based Laerning, Metode Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hasil belajar merupakan sesuatu yang penting dalam proses belajar, dengan adanya hasil belajar kita dapat melihat apakah tujuan pembelajar sudah tercapai atau belum. Guna tercapainya suatu hasil belajar, guru dianjurkan untuk memilih metode pembelajaran yang cocok diterapkan pada kelas atau meteri yang akan disampaikan.Metode yang sesuai dengan materi pembahasan adalah metode problem based learning(PBL) dan teams games tournament (TGT). Metode PBL adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan yang esensial dari materi pelajaran. Sedangkan metode TGT adalah metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk bermain, berkompetisi dan belajar sehingga dapat melatih pemahaman, ketanggapan, dan antusias siswa sehingga mereka bisa peran aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui efektivitas metode PBL dalam meningkatkan hasil belajar PAI kelas VIII.2) Untuk mengetahui efektivitas metode TGT untuk meningkatkan hasil belajar PAI di kelas VIII, 3) Untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode TGT dibanding metode PBL dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan budi pekerti kelas VIII di SMP POMOSDA Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental type Nonequivalent control. Desain penelitian ini biasa digunakan pada eksperimen yang menggunakan kelas-kelas yang sudah terbagi kelompoknya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP POMOSDA Nganjuk. Penelitian ini menggunakan teknik sampling probability sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sample. Sample yang terpilih adalah VIII B sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan metode PBL dan kelas VIII A sebagai kelas ekperimen II dengan menggunakan metode TGT.Uji hipotesisnya menggunakan uji independent sample t-test dan paired sample t-test.. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) metode problem based learning efektive untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII B di SMP POMOSDA Nganjuk, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 60,50 dan nilai posttest sebesar 79 dengan kenaikan sebesar 18,50, 2) metode teams games tournament efektive untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII A di SMP

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:34
Last Modified: 04 Jul 2022 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item