Kafi, Ahmad Ardani (2016) Strategi Membangun Kepercayaan Masyarakat Pada Badan Amil Zakat Infaq Dan Shodaqoh (BAZIS) Desa Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
0. cover_10. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup_lampiran 8.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
Abstract
Perkembangan lembaga amil zakat belum diiringi dengan peningkatan minat masyarakat untuk membayar zakat. Kepercayaan masyarakat memainkan peran yang penting dalam keberhasilan pengelolaan zakat. Selain itu, terbangunnya kepercayaan masyarakat merupakan salah satu persyaratan mutlak yang harus dimiliki oleh organisasi yang menjual jasa termasuk Lembaga amil zakat. BAZIS Slumbung telah berhasil mengelola dana ZIS dengan baik. BAZIS desa Slumbung merupakan salah satu contoh badan pengelola zakat yang telah mampu merancang strategi yang baik sehingga dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap badan tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan telah terpilihnya badan ini sebagai BAZIS percontohan nasional tingkat desa pada tahun 2000. Kemenag Jawa Barat pada tahun 2003 pernah melakukan study banding di BAZIS desa Slumbung. fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap BAZIS desa Slumbung Kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri? (2) Bagaimana strategi yang diterapkan oleh BAZIS Slumbung Ngadiluwih Kediri dalam membangun kepercayaan masyarakat? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa: (1) kepercayaan masyarakat terhadap BAZIS Slumbung sudah sangat baik hal ini dapat dilihat dari kurun waktu dua tahun pengumpulan zakat yang dilakukan oleh BAZIS Slumbung meningkat. Masyarakat juga telah bersedia untuk mengikuti saran atau permintaan yang dilakukan oleh BAZIS Slumbung. Seperti halnya pengumpulan, pendistribusian, dan penyaluran. (2) strategi yang dilakukan BAZIS Slumbung untuk membangun kepercayaan masyarakat adalah dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Yaitu membuat program yang menyesuaikan pada zaman saat ini. Strategi yang telah diterapkan sendiri adalah sosialisasi melalui media pengajian/ceramah, menyesuaikan tema pengajian rutin yang ada di desa Slumbung, menjalin komunikasi, menyatukan perbedaan antar kelompok masyarakat desa Slumbung, mempublikasikan dan keterbukaan BAZIS desa Slumbung, rapat seluruh pengurus BAZIS desa Slumbung, pengurus harus menjadi contoh.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 01:33 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 01:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/485 |
Actions (login required)
View Item |