Upaya Kepala Madrasah Dalam Mengelola Mutu Pembelajaran Guru Bidang Agama Di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri

Rosyidi, Abdul Hafid (2021) Upaya Kepala Madrasah Dalam Mengelola Mutu Pembelajaran Guru Bidang Agama Di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127216_prabab.pdf

Download (581kB)
[img] Text
932127216_bab1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
932127216_bab2.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932127216_bab3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932127216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
932127216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
932127216_bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932127216_daftarpustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932127216_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ROSYIDI, ABDUL HAFID,2021. Upaya Kepala Madrasah Dalam Mengelola Mutu Pembelajaran Guru Bidang Agama Di Mts. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri,Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri.Dosen Pembimbing (1) H. Saifullah, M.Ag dan (2)M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy Kata Kunci: Upaya, Kepala Madrasah, Mengelola Mutu Guru Bidang Agama Kepala Madrasah adalah sosok pemimpin yang mampu menentukan kesuksesan sebuah lembaga yang dipimpinnya. Maka dalam mewujudkannya diperlukan upaya dari kepala madrasah. Diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan terhadap mutu pembelajaran oleh guru bidang agama di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih. Oleh karena itu dalam penelitian ini memiliki 4 fokus penelitian yaitu: (1)Bagaimana upaya kepala madrasah dalam mengawasi perencanaan pembelajaran guru bidang agama dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri ?(2)Bagaimana upaya kepala madrasah dalam mengawasi proses pembelajaranguru bidang agama dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri ?(3)Bagaimana upaya kepala madrasah dalam mengawasi evaluasi pembelajaran guru bidang agama dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri ? (4)Apa saja hambatan kepala madrasah dalam mengawasi mutu pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang agama dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yakni melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya kepala madrasah dalam mengawasi perencanaan pembelajaran guru bidang agama adalah mengadakan rapat di awal tahun. Kemudian guru membuat RPP, silabus dikumpulkan ke waka kurikulum. (2) Upaya kepala madrasah dalam mengawasi proses pembelajaranguru bidang agama adalah dengan dibentuk Tim Supervisi yang mengawasi saat proses pembelajaran di kelas. (3) Upaya kepala madrasah dalam mengawasi evaluasi pembelajaran guru bidang agama adalah dengan membuat soal HOTS. (4) Hambatan kepala madrasah dalam mengawasi mutu pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang agama adalah guru grogi saat disupervisi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:17
Last Modified: 29 Jun 2022 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item View Item