Kurikulum Pondok Pesantren Dan Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri)

Ulya, Himatul (2021) Kurikulum Pondok Pesantren Dan Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125517_prabab.pdf

Download (812kB)
[img] Text
932125517_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932125517_bab2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932125517_bab3.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932125517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
932125517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
932125517_bab6.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932125517_daftarpustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932125517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ulya, Himatul. Dosen Pembimbing Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. 2021. Kurikulum Pondok Pesantren Dan Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : Di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri). Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Kediri. Kata Kunci : Kurikulum Pondok Pesantren, Relevansi Penguatan PAI Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Dengan adanya arus globalisasi dan modernisasi, pesantren dituntut untuk menyeimbangkan diri dengan kemajuan sehingga santri lulusan pesantren bisa bersaing dengan generasi muda yang menimba ilmu diluar pesantren. Adapun fokus yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) Apa materi pembelajaran yang berlaku di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri?. 2) Bagaimana program pembelajaran yang berlaku di Pondok Pesantren Syarif Hidyatullah? 3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang berlaku di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah? 4) Bagaimana evaluasi kurikulum yang berlaku di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri?. Dan yang terakhir 5) Bagaimana relevansi antara kurikulum Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah dengan Penguatan PAI? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Pengumpulan datanya melalui beberapa cara yaitu observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data kemudian ditarik kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi peneliti. Adapun tahap penelitiannya yaitu dimulai dengan tahap pra lapangan hingga tahap penyusunan skripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri sangat relevan dengan penguatan PAI. Hal ini dibuktikan dengan: 1) Materi pembelajaran yang digunakan terdiri dari materi keagamaan, materi bahasa dan materi umum. 2) Program pembelajaran yang diterapkan ada 4 jenis program yaitu program pembelajaran reguler, program pembelajaran intensive course, program pembelajaran pondok ramadhan dan program pembelajara tahfidz qur’an. 3) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran di kampus, yaitu ada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 4) Evaluasi kurikulum yang diterapkan terdapat dua jenis yaitu evaluasi materi ajar (dilaksanakan pada saat KBM) dan evaluasi kurikulum secara menyeluruh (materi ajar dan kegiatan yang berlangsung) yang dilaksanakan di akhir semester dan akhir tahun. 5) Relevansi antara kurikulum dengan penguatan PAI terdapat tiga kelompok, yaitu penguatan dalam sisi materi ajar, penguatan dalam sisi akhlak, terakhir penguatan dalam sisi IPTEK.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:57
Last Modified: 29 Jun 2022 01:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item