Mufarohah, Inayatul (2021) Studi Komparasi Kinerja Guru Antara Guru Tersertifikasi Dengan Guru Belum Tersertifikasi Di SMPN 1 Pucuk Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932124616_prabab.pdf Download (868kB) |
|
Text
932124616_bab1.pdf Download (450kB) |
|
Text
932124616_bab2.pdf Download (369kB) |
|
Text
932124616_bab3.pdf Download (575kB) |
|
Text
932124616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text
932124616_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text
932124616_bab6.pdf Download (201kB) |
|
Text
932124616_daftarpustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
932124616_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK INAYATUL MUFAROHAH. Dosen Pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.Si dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si, : Studi Komparasi Kinerja Guru antara Guru Tersertifikasi dengan Guru Belum Sertifikasi di SMPN 1 Pucuk Lamongan, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci : Komparasi, Kinerja Guru, Sertifikasi, Pendidikan Guru merupakan kunci dalam peningkatan mutu pendidikan dan guru berada di titik sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan. Setiap usaha peningkatan mutu pendidikan seperti pembaharuan kurikulum, pengembangan metode-metode pengajaran, penyediaan sarana dan prasarana pendidikan hanya akan berjalan dengan baik jika melibatkan guru. Untuk meningkatkan pembelajaran dan pendidikan di Indonesia, pemerintah telah menentukan berbagai kebijakan, salah satunya adalah dengan kebijakan yang berhubungan dengan sertifikasi guru. Sertifikat ini diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai figure utama pembelajaran atau agen pembelajaran. Salah satu kemampuan yang harus dimilki oleh guru adalah kemampuan merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi proses belajar mengajar. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah yang sebenarnya tidak sekedar untuk meningkatkan kesejahteraan guru tetapi juga bermaksud untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru sebagai pendidik, mediator, fasilitator pendidikan, dan juga kinerja guru serta diharapkan memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan untuk menuju kearah yang lebih baik dan berkualitas. Penelitian ini dimaksud untuk 1) mengetahui kinerja guru tersertifikasi di SMPN 1Pucuk Lamongan, 2) mengetahui kinerja guru non tersertifikasi di SMPN 1 Pucuk Lamongan, 3) mengetahui perbedaan antara kinerja guru tersertifikasi dengan guru belum tersertifikasi di SMPN 1 Pucuk Lamongan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya di SMPN 1 Pucuk Lamongan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 guru berpedoman pada teknik sampling yang dikemukakan Arikunto. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji sampel independent t-test. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Tingkat kinerja guru tersertifikasi di SMPN 1 Pucuk Lamongan berada pada kategori sangat tinggi, dengan nilai persentase sebesar 100%. 2) Tiingkat kinerja guru non sertifikasi di SMPN 1 Pucuk Lamongan berada pada kategori sangat tinggi sebesar 56% dan berada pada kategori tinggi dengan persentase 44%. 3) Tidak terdapat perbedaan antara kinerja guru tersertifikasi dan non sertifikasi , karena nilai thitung 0,124 lebih kecil dibandingkan dengan ttabel. Untuk kesalahan 0,05 maka ttabel = 2,008.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 01:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 01:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4822 |
Actions (login required)
View Item |