Hubungan Social Support Dengan Student Engagement Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas VI SD Plus Kota Kediri

Efayanti, Siska Dwi (2022) Hubungan Social Support Dengan Student Engagement Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas VI SD Plus Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933418317_prabab.pdf

Download (753kB)
[img] Text
933418317_bab1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
933418317_bab2.pdf

Download (468kB)
[img] Text
933418317_bab3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
933418317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
933418317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
933418317_bab6.pdf

Download (315kB)
[img] Text
933418317_daftarpustaka.pdf

Download (423kB)
[img] Text
933418317_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933418317_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (262kB)

Abstract

SISKA DWI EFAYANTI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. dan Luthfi atmasari, M.Psi, Psikolog. HUBUNGAN SOCIAL SUPPORT DENGAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VI SD PLUS KOTA KEDIRI, Psikologi Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Social Support, Student Engagement, dan Pembelajaran Daring Student engagement merupakan partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah, yang meliputi tiga aspek yaitu aspek perilaku, kognitif, dan emosi. Student engagement memegang peran penting bagi keberhasilan siswa di sekolah, khususnya pada pembelajaran daring. Adanya pemberlakuan pembelajaran daring dapat memunculkan berbagai permasalahan dalam diri siswa terutama dalam hal student engagement dalam kegiatan sekolah. Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memunculkan perilaku student engagement, salah satunya adalah kurangnya social support yang diterima siswa. social support adalah dukungan yang berasal dari orang lain yang memiliki hubungan sosial yang baik dengan individu yang menerima bantuan. Social support merupakan peran yang sangat penting dalam kehidupan pendidikan anak agar tercipta kelancaran dalam proses pembelajaran. social support yang diterima siswa dapat membangun hal-hal positif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat social support pada siswa kelas VI SD Plus Kota Kediri. 2) mengetahui tingkat student engagement pada siswa kelas VI SD Plus Kota Kediri. 3) mengetahui apakah terdapat hubungan positif dan signifikan antara social support dan student engagementdalam proses pembelajaran daring pada siswa kelas VI SD Plus Kota Kediri.4) mengetahui besarnya sumbangan efektif social support terhadap student engagement dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VI SD Plus Kota Kediri sebanyak 109 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket social support dari House dan angket student engagement dari Fredricks, sedangkan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) tingkat social support pada siswa kelas VI SD Plus Kota Kediri sebesar 35,8% yang berarti social support yang diterima siswa termasuk dalam kategori sedang. (2) tingkat student engagement pada siswa kelas VI SD Plus Kota Kediri sebesar 38,5% yang berarti student engagement pada siswa termasuk dalam kategori sedang. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara social support dengan student engagement, hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan r hitung sebesar 0,703 > r table 0,186. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.(4) besarnya sumbangan efektif social support terhadap student engagement siswa adalah sebesar 49,5%, sedangkan 50,5% merupakan sumbangan dari variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Siska Dwi Efayanti
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:39
Last Modified: 22 Jun 2022 07:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item