Sholihah, Binti Mar’atus (2021) Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas X Di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119517_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932119517_bab1.pdf Download (394kB) |
|
Text
932119517_bab2.pdf Download (561kB) |
|
Text
932119517_bab3.pdf Download (482kB) |
|
Text
932119517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
|
Text
932119517_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text
932119517_bab6.pdf Download (251kB) |
|
Text
932119517_daftarpustaka.pdf Download (335kB) |
|
Text
932119517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK BINTI MAR’ATUS SHOLIHAH Dosen Pembimbing Drs H. Ali Anwar, M.Ag dan M. Desta Pradana, M.Pd. Pengaruh Persepsi Siswa Menganai Keterampilan Mengajar Guru dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 4 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri Kata kunci : Pengaruh, Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru, Dukungan Sosial Orang Tua, Motivasi Belajar. Persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru merupakan suatu bentuk respon dari siswa setelah mendapatkan stimulus dari guru saat menyampaikan materi kepada siswa. Dukungan sosial orang tua menurut Uchino yakni suatu bentuk kenyamanan, peduli, menghargai, atau bantuan yang tersedia untuk orang dari orang lain atau kelompok. Motivasi belajar yakni suatu dorongan dari dalam diri siswa untuk dapat melakukan proses pembelajaran secara maksimal sehingga dapat mencapai tujuan tertentu. Faktor eksternal yang memengaruhi motivasi belajar meliputi faktor keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekolah. Permasalahan yang akan dikaji meliputi 1) Adakah Pengaruh yang Positif dan Signifikan Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivai Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas X di MAN 4 Kediri ? 2) Adakah Pengaruh yang Positif dan Signifikan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivai Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas X di MAN 4 Kediri ? 3) Adakah Pengaruh yang Positif dan Signifikan Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivai Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas X di MAN 4 Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X di MAN 4 Kediri sejumlah 326 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan rumus Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 169 siswa. Instrumen penelitian ini yakni angket, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengguakan uji F dan uji t. Teknik analisis data menggnakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara simultan persepsi siswa mengenai keterempilan mengajar guru dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar sebesar 0,617 atau 38 % dengan persamaan regresi Y=37,102 + 0,393.X1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 0,587 atau 34,5 % dengan persamaan regresi Y=44,714 + 0,669.X2. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 51,4 % dengan persamaan regresi Y=8,700 + 0,288 X1 + 0,457 X2..
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 07:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 07:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4792 |
Actions (login required)
View Item |