Problematika Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pembelajaran PAI Di Sma Negeri 3 Kediri

Wulansari, Rizki (2021) Problematika Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pembelajaran PAI Di Sma Negeri 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118417_prabab.pdf

Download (818kB)
[img] Text
932118417_bab1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932118417_bab2.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932118417_bab3.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932118417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
932118417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
932118417_bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932118417_daftarpustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932118417_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK WULANSARI, RIZKI, Dosen Pembimbing Dr Wahidul Anam, M.Ag. dan Nurul Huda Purnomo, M.Pd. Problematika Pembelajaran Berbasis Daring/elearning dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Kediri,Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Daring E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media internet atau jaringan lainnya. Metode pembelajaran e-learning merupakan salah satu revolusi pendidikan dan pembelajaran berbasis teknologi internet. E-learning merupakan kombinasi antara informasi, komunikasi, pendidikan dan pelatihan yang merupakan elemen inti untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum. Dalam penggunaannya e-learning dapat menggunakan berbagai aplikasi yang relevan dalam kegiatan proses pembelajaran, seperti google classroom, google meet, video conference, zoom, maupun whatsapp group. Pada dasarnya pembelajaran daring/e-learning tidak mengurangi materi yang seharusnya diterima peserta didik, sebab mereka dapat menggali pengetahuan yang lebih banyak dari internet berdasarkan arahan dari pendidik. Namun, akibat dari perubahan yang cepat tersebut bisa saja terjadi ketidakteraturan, ketidaksiapan pendidik, peserta didik serta orang tua memunculkan sejumlah problematika yang cukup serius dalam pembelajaran daring/e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Kediri serta mengetahui upaya yang dilakukan untuk menghadapi problematika pembelajaran daring di SMA negeri 3 Kediri. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) problematika pembelajaran daring meliputi, meliputi problematika pembelajaran online, problematika materi pembelajaran PAI, problematika lingkungan keluarga dan problematika lingkungan sekolah. 2) upaya yang dilakukan pihak sekolah dan guru PAI SMA Negeri 3 Kediri untuk mengatasi problematika pembelajaran daring antara lain, membuat grup whatsapp bersama orang tua peserta didik, menjelaskan ulang, serta memberi video pembelajaran yang relevan, kemudian upaya yang dilakukan peserta didik dengan bertanya kepada guru, teman, orang tua serta memcari materi yang lebih detail di media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:28
Last Modified: 22 Jun 2022 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item