Anam, Rizal Choirul (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Secara Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117517_prabab.pdf Download (670kB) |
|
Text
932117517_bab1.pdf Download (189kB) |
|
Text
932117517_bab2.pdf Download (261kB) |
|
Text
932117517_bab3.pdf Download (189kB) |
|
Text
932117517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text
932117517_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
932117517_bab6.pdf Download (90kB) |
|
Text
932117517_daftarpustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text
932117517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK RIZAL CHOIRUL ANAM, Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M. Ag dan Nurul Hudha Purnomo, M.Pd. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Secara Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 7 Kediri, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, PAI Pendidik dituntut untuk kreatif atau bisa menciptakan suasana yang baru dalam proses pembelajaran. Salah satu yang dapat membantu pendidik dalam proses pembelajaran tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan keterampilan siswa adalah pembelajaran berbasis masalah atau yang dikenal dengan problem based learning. Model problem based learning menjadi sebuah tantangan apakah kehadirannya akan membawa dampak positif terhadap perubahan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar selama pembelajaran online. Berdasarkan hasil wawancara dengan Siti Maslihah, selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Kediri, Permasalahan yang muncul, guru hanya memberikan tugas, seperti mencatat dan membaca dan masih banyak siswa yang nilainya di bawah KBM. Rendahnya persentase siswa yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal di kelas tersebut masih belum optimal sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari penerapan model pembelajaran problem based learning secara online pada mata pelajaran PAI kelas VII A di SMP Negeri 7 Kedri. Untuk mencapai tujuan diatas penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya terletak di SMP Negeri 7 Kediri. Menggunakan metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data dari hasil nilai siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang sudah diberikan oleh guru seperti tugas diskusi dan tanya jawab, tugas LKS, dan buku paket. Terlihat di situ bahwa nilai terendah dari siswa adalah 74 dan nilai tertingginya 100, dengan nilai rata-rata siswa 85. Jadi artinya dengan diterapkannya model problem based learning ini terjadi peningkatan yang signifikan mengenai nilai dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning secara online pada mata pelajaran PAI kelas VII A di SMP Negeri 7 Kediri sudah tepat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 01:35 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 01:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4777 |
Actions (login required)
View Item |