Dewi, Shonia Rachma (2021) Pengaruh Dukungan Sosial Dan Religiusitas Terhadap Psychological Well Being Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Se-Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116817_prabab.pdf Download (292kB) |
|
Text
932116817_bab1.pdf Download (492kB) |
|
Text
932116817_bab2.pdf Download (345kB) |
|
Text
932116817_bab3.pdf Download (336kB) |
|
Text
932116817_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text
932116817_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
932116817_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
932116817_daftarpustaka.pdf Download (255kB) |
|
Text
932116817_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK SHONIA RACHMA DEWI, Dosen Pembimbing Ummiy Fauziyah Laili, M.Si dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd: Pengaruh Dukungan Sosial dan Religiusitas Terhadap Psychological Well Being Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Se-Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, Skripsi, Program Studi Pendidikan, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Dukungan Sosial, Religiusitas, Psychological Well Being Peran guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk memberikan pengarahan, motivasi, dan pengelolaan atau masukan secara spiritual kepada peserta didik. Diharapkan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan religiusitas pada dirinya sebelum memberikan kepada peserta didik. Psychological well being juga akan baik ketika religiusitas yang ada pada diri individu melekat pada hati serta jiwanya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dukungan sosial terhadap psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam se-Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya. 2) Membuktikan ada atau tidaknya pengaruh religiusitas terhadap psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam se-Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya. 3)Membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dukungan sosial dan religiusitas terhadap psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam se-Yayasan Hang Tuah Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sebesar 35 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Se-Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya. Pengambilan sampel sebanyak 32 orang dengan menggunakan pedoman tabel krejcie. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian yakni sebagai berikut: 1) Dukungan sosial guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Se-Yayasan Hang Tuah Cabang Suarabaya menunjukkan kategori tinggi. Hal tersebut sesuai dengan interpretasi true score sebesar 41%. 2) Religiusitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SeYayasan Hang Tuah Cabang Suarabaya menunjukkan kategori tinggi. Hal tersebut sesuai dengan interpretasi true score sebesar 63%. 3) Psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Se-Yayasan Hang Tuah Cabang Suarabaya menunjukkan kategori tinggi. Hal tersebut sesuai dengan interpretasi true score sebesar 53%. 4) Tidak ada pengaruh antara dukungan sosial terhadap psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SeYayasan Hang Tuah Cabang Suarabaya sebesar. 5) Ada pengaruh antara religiusitas terhadap psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Se-Yayasan Hang Tuah Cabang Suarabaya sebesar. 6) Ada pengaruh secara simultan antara dukungan sosial dan religiusitas terhadap psychological well being guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SeYayasan Hang Tuah Cabang Suarabaya sebesar 70,5%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 02:46 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4763 |
Actions (login required)
View Item |