Konsep Doa Dalam Qs. Al-Mu’min Ayat 60 Dan Kitab Al-Hikam Hikmah Nomor 6 Serta Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam

Fawaidah, Fauziatul (2021) Konsep Doa Dalam Qs. Al-Mu’min Ayat 60 Dan Kitab Al-Hikam Hikmah Nomor 6 Serta Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114317_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932114317_bab1.pdf

Download (810kB)
[img] Text
932114317_bab2.pdf

Download (870kB)
[img] Text
932114317_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
932114317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
932114317_bab5.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932114317_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fauziyatul Fawaidah, Dosen Pembimbing I Drs. H. M. Ro’is, M.A dan Dosen Pembimbing II Agus Dwi Santosa, M. Pd. Konsep Doa dalam QS. al-Mu’min Ayat 60 dan Kitab al-Hikam Hikmah Nomor 6 serta Relevansinya dengan NilaiNilai Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Globalisasi, Doa, Nilai Pendidikan Agama Islam Prosesi perkembangan pendidikan di tengah-tengah masyarakat sering kali kehilangan ru>h al-tarbiyyah-nya. Seiring berjalannya waktu, globalisasi juga berdampak pada pendidikan Islam, yakni nampaknya nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam diri manusia sudah tidak lagi dipegang sebagai pedoman hidup. Salah satu hal yang kurang banyak difahami dengan benar oleh banyak orang adalah terkait dengan doa. Pemahaman umum terkait doa yaitu bahwa apa yang mereka sampaikan dalam doa pasti terkabul sesuai dengan keinginan. Mengingat hal tersebut, nilai-nilai pendidikan Islam harus lebih diterapkan ke dalam dunia pendidikan Islam sebagai pondasi dan juga pegangan dalam menghadapi arus tantangan globalisasi saat ini, terutama terkait dengan doa. Konsep doa yang lebih tepat dan juga memuat nilai-nilai pendidikan agama Islam terdapat dalam al-Qur’an surat al-Mu’min ayat 60 dan kitab al-H}ikam hikmah nomor 6. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) bagaimana konsep doa berdasarkan al-Qur’an surat al-Mu’min ayat 60? 2) bagaimana konsep doa berdasarkan kitab al-Hikam hikmah nomor 6? 3) bagaimana bentuk relevansi konsep doa dalam al-Qur’an surat al-Mu’min ayat 60 dan kitab al-H{ikam hikmah nomor 6 dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah hermeneutika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mencari data dari berbagai jenis sumber-sumber literatur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode konten analisis, yang tahapannya terdiri atas menentukan tujuan analisis, mengumpulkan data, mengidentifkasi bukti-bukti konseptual, mereduksi data, dan yang terakhir menganalosa dan menafsirkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) doa merupakan perintah Allah sebagai bentuk penghambaan dan juga bentuk ibadah hamba kepada Tuhannya terkait dengan nilai ibadah dan amaliyah 2) Allah menjamin akan pengabulan doa untuk hamba-Nya setelah syarat-syarat doa terpenuhi terkait dengan nilai khuluqiyah dan i’tiqadiyah 3) bentuk dan waktu pengabulan doa sepenuhnya atas kehendak Allah, terkait dengan nilai i’tiqadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030308 Contents of the Qur'an (Kandungan Al-Qur’an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:03
Last Modified: 21 Jun 2022 02:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item