Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online (Studi Kasus di MTsN 8 Kediri dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IX)

Abror, Alek Syaiful (2021) Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online (Studi Kasus di MTsN 8 Kediri dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IX). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112517_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932112517_bab1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
932112517_bab2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
932112517_bab3.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932112517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
932112517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
932112517_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
932112517_daftarpustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932112517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ALEK SYIFAUL ABROR, Dosen Pembimbing Dr.MOH. SYAMSUL HUDA, M.Pd.I dan MUHAMMAD DESTA PRADANA, M.Pd. Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online (Studi Kasus di MTsN 8 Kediri pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Kelas IX), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Guru dan Orang Tua, Pembelajaran Online Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran online di MTsN 8 Kediri pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas IX (2) Bagaimana sikap orang tua dalam menghadapi pembelajaran online di MTsN 8 Kediri pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas IX.(3) Bagaimana kerjasama guru dan orang tua dalam pengelolaan pembelajaran online di MTsN 8 Kediri dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yaitu studi kasus. karena metode pendekatan kualitatif ditinjukan untuk meneliti yang bersifat mengamati kasus. Dengan demikian proses pengumpulan dan analisis data bersifat kasus pula. Karena kekhususan ini maka metode kualitatif sering digunakan oleh praktisi seperti guru, konsultan, manajer atau para penyuluh lapangan, mereka membutuhkan hal-hal yang bersifat detail pada kasus tertentu untuk digunakan dalam perbaikan kinerja secara intensif. Itulah yang sering di kritik oleh para akademisi. Dalam penelitian ini teknik untuk pengumpulan data yaitu dengan Metode (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran online di MTsN 8 Kediri dalam pelaksanaannya menggunakan media pembelajaran whatsapp sebagai komunikasi kemudian untuk penjelasan materi guru mengirimkan link video yang di uplod di youtube lewat whataap dan untuk pengumpulan tugas guru juga mengirimkan link google form lewat whatsaap. 2) Sikap orang tua dalam menghadapi pembelajaran online meunjukkan bahwa tidak semua orang tua bisa mendampingi dan mengawasi selama proses pembelajaran online karena adanya kesulitan yang dihadapi orang tua yakni, kurangnya waktu antara bekerja dan mendampingi anak selama pembelajaran online, serta rumah yang bising karena banyak orang membuat anak susah berkosentrasi ketika pembelajaran online 3) bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam pengelolaan pembelajaran online yakni adanya komunikasi secara mendalam dari kedua pihak baik guru dan orang tua dalam memperhatikan kemandirian belajar kepada siswa, guru mengunjungi rumah siswa dalam rangka memantau proses belajar siswa, guru memberikan pekerjaan rumah pada siswa, dan juga mengadakan rapat tahunan guna membahas kendala yang ada pada siswa selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:03
Last Modified: 20 Jun 2022 03:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item