Suroyya, Atika Alfi (2019) Hubungan Pengelolaan Diri dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933405015 PRA BAB.pdf Download (800kB) |
|
Text
933405015 1 2 3.pdf Download (906kB) |
|
Text
933405015 4 5.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text
933405015 6 dp.pdf Download (367kB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan cara menghafal. Menghafal Al-Qur’an merupakan sebagai kebutuhan umat muslimin terhadap diri sendiri. Namun dalam kenyataannya, sebagian besar umat muslimin merasa kesulitan dan berat untuk menghafalkannnya. Permasalahan inilah yang sering dihadapi oleh para siswa terkait menghafalkan Al-Qur’an. Para siswa merasa kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Adanya kesibukan yang beragam dari masing-masing siswa, seperti halnya mengikuti ekstrakulikuler, berorganisasi di luar kelas sudah barang tentu dapat mempengaruhi kualitas menghafal Al-Qur’an mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Tingkat Pengelolaan diri siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. 2. Tingkat Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. serta, 3. Hubungan antara pengelolaan diri dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri, Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel dengan jumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis uji korelasi product moment dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode skala dan hasil nilai tes lisan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1. Tingkat pengelolaan diri pada siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri tergolong dalam kategori sedang yaitu sebanyak 22 siswa dengan presentase 44%. 2. Tingkat kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri dalam kategori sedang yaitu sebanyak 19 siswa dengan presentase 38%. 3. Terdapat hubungan positif antara pengelolaan diri dengan Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri sebesar 0,982 Artinya semakin tinggi tingkat pengelolaan diri maka kemampuan menghafal Al-Qur’an akan semakin tinggi pula.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:03 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4743 |
Actions (login required)
View Item |