Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Di MAN 1 Kediri

Nabilla, Rifqi (2021) Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Di MAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105217_prabab.pdf

Download (531kB)
[img] Text
932105217_bab1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
932105217_bab2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932105217_bab3.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932105217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
932105217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
932105217_bab6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932105217_daftarpustaka.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932105217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RIFQI NABILLA, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd.: Strategi Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring di MAN 1 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Strategi Guru, Al-Qur’an Hadist, Hasil Belajar. Strategi pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga memudahkan dalam memahami pembelajaran. Begitu juga dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN 1 Kediri yang menggunakan beberapa strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Kediri?, 2) Untuk mengetahui implikasi dari penerapan strategi pembelajaran daring guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 1 Kediri?, 3) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Kediri?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan mengambil lokasi di MAN 1 Kediri. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekinder, sedangkan menganalisa data penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data penulis menggunakan dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring meliputi: (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, dan (c) evaluasi pembelajaran. Strategi belajar yang digunakan yaitu strategi kooperatif, strategi eksipositori, dan strategi inkuiri. 2) implikasi dari penerapan strategi pembelajaran daring guru Al-Qur’an Hadist yaitu hasil belajar siswa sesuai KKM, dengan melihat 3 aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring yaitu: (a) faktor pendukung meliputi pengetahuan guru, pengalaman guru, fasilitas, biaya, waktu, kurikulum, dan motivasi dari diri siswa. (b) sedangkan faktor yang menghambat guru AlQur’an Hadits dalam pembelajaran daring adalah keterbatasan waktu, siswa yang susah diatur, motivasi orang tua, keseriusan siswa yang rendah, paket data, terkendala sinyal dan lingkungan yang tidak mendukung, yang mengakibatkan terjadinya hambatan dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:46
Last Modified: 15 Jun 2022 01:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item